Ketahui 6 Manfaat Air Mineral untuk Kesehatan Tubuh

By nova.id, Kamis, 4 Juni 2015 | 11:38 WIB
Ketahui 6 Manfaat Air Mineral untuk Kesehatan Tubuh (nova.id)

TabloidNova.com - Salah satu cara agar tubuh tidak dehidrasi adalah dengan meminum air putih. Namun, air yang kita minum sebaiknya memenuhi persyaratan kesehatan agar layak untuk diminum dan dikonsumsi dalam jangka panjang.

Sejatinya, air putih adalah air mineral mikro yang secara alami mengandung mineral setidaknya 250 ppm mineral. Zat gisi esensial mikro sangat dibutuhkan tubuh, tapi tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga harus diasup dari luar. Data ini dikemukakan oleh Imam Santoso yang diwakili oleh presentasi dr. Ani Sri Sukmaniah Msc, SpGK, Dokter Spesialis Gizi Klinik Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. 

"Bila kecukupan mineral tidak terpenuhi, maka bisa terjadi defisiensi mineral tubuh yang akan mengarah pada gangguan metabolisme serta kelainan fungsi biologis tubuh," ujarnya di acara seminar media AQUA242 seputar Manfaat Puasa dengan Nutrisi Seimbang dan Pola Minum yang digelar di Restoran Harum Manis, Jakarta Pusat, Rabu (3/6) lalu.

Ada enam manfaat air mineral pada air minum yang mengandung senyawa berkualitas dan memenuhi persyaratan kesehatan, di antaranya:

Pertama, flouride untuk mencegah karies dan menjaga kesehatan gigi dan organ sekitar mulut.Kedua, natrium untuk mendukung keseimbangan cairan.Ketiga, magnesium dan kalsium untuk mendukung kesehatan jantung, pembuluh darah, dan integritas tulang. Keempat, kalium untuk mendukung proses transmisi saraf dan kontraksi otot.Kelima, silica untuk menjaga kesehatan kulit, pembuluh darah, dan integritas tulang.Keenam, zinc sebagai koaktivator kurang lebih sama reaksi enzim dalam tubuh serta penting bagi pertumbuhan, imunitas dan fungsi saraf otak. 

Ridho Nugroho

FOTO: Foxnews