Apakah Anda Orang yang Teratur? (Bagian 1)

By nova.id, Senin, 4 Agustus 2014 | 08:45 WIB
Apakah Anda Orang yang Teratur Bagian 1 (nova.id)

  TabloidNova.com - Menjaga keteraturan dalam segala aspek tentu tidak mudah. Tapi beberapa orang terbukti menjadikan keteraturan sebagai salah satu sifat terpenting dalam keseharian hidupnya. Mulai dari hal yang kecil, seperti berusaha menghilangkan tumpukan barang, sampai mengorganisir seluruh isi rumah. Terdengar sepele, tapi sebenarnya ciri-ciri orang-orang teratur bisa terlihat dari kebiasaan yang dilakukannya setiap hari.

Mereka, orang-orang yang teratur ini, bisa dengan mudah mengaplikasikan keteraturan yang mereka punya nyaris dalam segala hal. Lantas, apakah Anda termasuk orang yang teratur? Mari menyimak ciri-ciri orang teratur di bawah ini:

1. Mereka selalu merencanakan hari esok.

Percaya atau tidak, orang teratur akan mulai merencanakan kegiatan esok hari pada malam sebelumnya. Memang, ada kalanya hal spontan bisa dilakukan. Tapi kebiasaan ini akan membantu Anda memetakan segala aktivitas dan kebutuhan serta prioritasnya setiap hari.

2. Selalu menyimpan daftar keperluan.

Pernah mendengar istilah "to-do list"?. Nah, orang-orang yang teratur biasanya selalu memiliki daftar ini. Bisa ditulis di notebook atau di telepon pintar. Tujuan daftar ini tak lain untuk mengingatkan, apa saja keperluan yang harus dilakukan.

3. Rajin mengatur inbox.

Setidaknya, mereka menghabiskan waktu minimal 30 menit mengamati email-email yang masuk dan mengatur email tersebut. Sebagian malah menghabiskan waktu lebih dari itu.

4. Tak ada kertas menumpuk.

Di kantor, ciri orang teratur akan terlihat dari meja kerjanya. Tidak akan ada tumpukan kertas menggunung.  Mereka akan mengatur tumpukan itu secara terorganisir. Kalau ada tumpukan pekerjaan yang belum terselesaikan, mereka akan menyisihkannya dengan rapi pula.

5. Rutinitas pagi-malam.

Rutinitas ini bisa sangat sederhana. Di pagi hari orang yang teratur akan memulai hari secara terorganisir. Mulai dari membuat smoothie untuk sarapan, olahraga ringan dan mandi. Di malam hari, rutinitas seperti membaca, membubuhkan lotion ke tubuh juga contoh rutinitas yang selalu dilakukan orang teratur. (BERSAMBUNG)

Yetta Angelina