Olahraga Terbaik Sesuai Tipe Tubuh Menurut Ayurveda

By nova.id, Selasa, 15 Juli 2014 | 10:00 WIB
Olahraga Terbaik Sesuai Tipe Tubuh Menurut Ayurveda (nova.id)

Olahraga Terbaik Sesuai Tipe Tubuh Menurut Ayurveda (nova.id)

"Vata, Pitta, dan Kapha memiliki kecenderungan sendiri-sendiri (foto: sheknows) "

TabloidNova.com - Menurut Ayurveda, setiap manusia memiliki tiga dosha, yakni vata, pitta, dan kapha. Namun, salah satu dosha tersebuat biasanya lebih dominan ketimbang yang lain.

Dominasi salah satu dosha ini bisa memberi efek berbeda pada tubuh, apakah kesehatan, bentuk tubuh, dan kepribadian.

Kenali apa dosha Anda, dan pilih jenis olahraga yang paling sesuai, sehingga tubuh Anda mengalami keseimbangan.

Bila Anda Seorang Vata

Cirinya, Anda memiliki berat badan yang cenderung rendah, otot tubuh yang kecil, dan akibatnya Anda pun tak terlalu lentur. Anda bergerak dengan cepat dan gesit, fleksibel, aktif, dan suka dengan kegiatan baru.

Hati-hati karena Anda cenderung suka berolahraga sampai batas maksimum kekuatan Anda, sehingga sering kali Anda cidera karenanya.

Vata biasanya suka kegiatan olahraga yang cepat dan intens, seperti aerobik, gimnastik, ballet, dan jogging. Namun sangat penting untuk menyeimbangkan kegiatan cepat ini dengan olahraga yang lebih pelan dan lembut. Cobalah golf, bowling, rollerblade, hiking, atau berenang dengan kecepatan sedang.

Bila Anda Seorang PittaAnda sangat kompetitif dan selalu ingin jadi juara. Awas, kemauan keras ini bisa membuat Anda dehidrasi.

Pitta biasanya suka memaksa diri sendiri untuk menembus batas kemampuan. Sifat indivualistik mereka membuat Pitta suka berada di pusat perhatian. Untuk itu, Anda suka olahraga seperti  tenis. Untuk menyeimbangkan dosha, cobalah olahraga yang banyak melakukan pendinginan, atau olahraga tim seperti sepakbola, basket atau hoki.

Opsi lain yang pas buat Pitta adalah ski, berenang, berselancar, dan karate. Hindari bikram yoga atau hot yoga.

Jika Anda Seorang Kapha