Car Seat Harus Sering-sering Dibersihkan

By nova.id, Jumat, 3 Oktober 2014 | 08:39 WIB
Car Seat Harus Sering sering Dibersihkan (nova.id)

Car Seat Harus Sering sering Dibersihkan (nova.id)

"Car seat yang kotor bisa membuat anak rentan dihinggapi kuman (foto: AMAZON) "

TabloidNova.com - Seringkali banyak orang tua yang mengabaikan keberadaan car seat untuk bayi mereka. Sehari-hari, fungsi car seat memang sangat membantu orangtua menjaga keselamatan anak mereka selama berada di dalam mobil. Tapi tahukah Anda, bukan hanya fungsi car seat saja yang perlu diperhatikan lebih lanjut?

Ya, sejumlah riset belakangan menyebutkan bahwa banyak orangtua yang kurang memperhatikan kebersihan car seat mereka. bahkan beberapa menyebut bahwa car seat yang tidak dibersihkan dan dirawat rutin ternyata bisa lebih kotor dan penuh kuman, bahkan lebih kotor dari toilet Anda!

Di saat orangtua sibuk membersihkan banyak sudut rumah untuk mempertahankan kehigienisan lingkungan bagi sang anak, kadang mereka melupakan car seat. Buktinya, lewat sebuah penelitain yang dilkaukan oleh Maxi-Cosi, dari ratusan responden yang memiliki car seat, hampir 85 persen dari mereka mengaku membersihkan dan mencuci car seat mereka setahun sekali. Bahkan 36 persen mengaku sering menemukan butiran-butiran sisa makanan di car seat yang diduduki anak.

Karena itu, ilmuwan di University of Birmingham belakangan ini tengah berupaya menggalakkan gerakan pembersihan car seat karena menemukan fakta bahwa banyak sekali kuman dan bakteri yang selama ini terdapat dan tumbuh berkembang di car seat. Jika biasanya orang tua hanya membersihkan car seat mereka dari butiran makanan, maka kali ini mulailah membersihkan car seat secara menyeluruh secara rutin.

Memang, cukup rumit membersihkan car seat, mengingat Anda pasti kesulitan menghapal letak dan bagian-bagian nya yang harus dilepas, dibongkar dan dipasang kembali. Karena itu, pastikan Anda meluangkan waktu yang cukup untuk proses pembersihan car seat. Rencanakan juga untuk tidak menggunakan car seat selama maksimal 2 hari setelah dibersihkan.

Lantas, bagaimana cara membersihkan car seat yang baik dan benar? Simak cara-cara d bawah ini:

1.   Lepaskan car seat dari bangku mobil.

2.   Sebelum membongkarnya, foto car seat Anda secara detail dengan telepon genggam. Dengan begini, Anda bisa mempelajari bentuk dan bagian mana yang harus dipasang kembali setelah dibongkar. Ini akan mempermudah pekerjaan Anda.

3.   Pertama, gunakan vacuum cleaner untuk menyedot semua debu dan kotoran. Setelah itu, bersihkan bagian-bagian lainnya dengan mempergunakan kain basah.

4.   Singkirkan kain pelapis car seat dari permukaannya.

5.   Pelapis bisa dicuci manual dengan deterjen halus atau bisa menggunakan mesin cuci dengan kecepatan sedang.