10 Trik Agar Bisa Fokus (Bagi Penderita ADHD)

By nova.id, Minggu, 30 Juni 2013 | 13:01 WIB
10 Trik Agar Bisa Fokus Bagi Penderita ADHD (nova.id)

10 Trik Agar Bisa Fokus Bagi Penderita ADHD (nova.id)

"Ilustrasi "

 Anthony Rostain, MD, profesor psikiatri dan pediatri University of Pennsylvania School of Medicine di Philadelphia mengatakan, penderita ADHD bisa dengan mudah terganggu oleh rangsangan eksternal (seperti suara) atau stimulus internal (seperti melamun). Gangguan iniberbeda dan memerlukan strategi penanganan yang berbeda pula.

Berikut ini cara menentukan kelemahan dan 10 strategi untuk fokus mengerjakan pekerjaanAnda.

 Tulis!

 Ketika Anda diharuskan berpidato atau membawakan presentasi di hadapan atasan, ada baiknya Anda menuliskan beberapa hal penting atau kata kunci di secarik kertas agar Anda tidak benar-benar lupa. 

Buat Jadwal

 Satu hari ini aktivitas Anda padat sekali. Membuat rincian biaya event kantor, makan siang dengan klien, menelepon istri agar membawa anak ke dokter gigi, rapat budgeting dengan atasan, mengambil laundry sepulang kerja, dan masih banak lagi.

 Sebuah studi dalam Science Journal menemukan, otak manusia hanya dapat menangani dua tugas rumit secara bersamaan. Ketika ditambahkan menjadi tiga, otak tidak bisa lagi mengikuti.Daripada Anda melupakan salah satunya, lebih baik buat jadwal kegiatan Anda.

Ciptakan Lingkungan yang Tepat

 Buatlah lingkungan kerja yang tenang bagi Anda sehingga pikiran Anda tidak mudah teralihkan dengan hal lain. Namun kadang, kondisi yang terlalu tenang bisa sangat mengganggu bagi penderita ADHD. Agar bisa tetap fokus, pikiran mereka bisa ditenangkan dengan alunan musik lembut dan ambiance ruangan tertentu.

 Prioritaskan Tugas

 Jangan menunda pekerjaan yang bisa Anda selesaikan hari ini. Daripada menumpuk di kemudian hari dan membuat Anda pusing, lebih baik diselesaikan, bukan? Pilih pekerjaan atau kegiatan sesuai skala prioritas.