10 Nutrisi yang Dibutuhkan Setiap Anak

By nova.id, Jumat, 28 Juni 2013 | 11:04 WIB
10 Nutrisi yang Dibutuhkan Setiap Anak (nova.id)

10 Nutrisi yang Dibutuhkan Setiap Anak (nova.id)

"Ilustrasi "

Kalsium

Berguna untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat, membantu menyehatkan saraf dan fungsi otot. Kalsium juga bermanfaat untuk membantu pembekuan darah, dan membantu tubuh dalam mengubah makanan menjadi energi. Kalsium bisa didapatkan dari yogurt buah atau tawar yang rendah lemak, susu cokelat, puding, dan sebagainya.

Asam lemak esensial (Essential Fatty Acids/EFAs)

Zat yang satu ini berguna untuk membentuk sel tubuh, mengatur sistem saraf, menguatkan sistem kardiovaskular, membentuk imunitas, dan membantu tubuh menyerap nutrisi yang dibutuhkan. EFAs juga penting untuk kesehatan fungsi otak dan penglihatan. Zat ini bisa diperoleh dalam kacang kedelai, tofu, selai kacang, dan lain-lain.

Zat Besi

Bermanfaat untuk membuat hemoglobin dan mioglobin, yaitu pigmen yang menyimpan oksigen di otot. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia, yang pada akhirnya bisa menyebabkan kelelahan, tubuh lemah dan mudah teriritasi. Oatmeal, sereal, kismis, dan bayam merupakan beberapa contoh makanan yang mengandung zat besi.

Magnesium

Memelihara tulang agar tetap kuat dan irama detak jantung stabil, membantu sistem kekebalantubuh, dan membantu memelihara fungsi otot dan saraf merupakan manfaat yang bisa diperoleh dari magnesium. Zat penting ini terdapat dalam kacang dan mete panggang, roti gandum utuh, pisang, dan alpukat.

Potasium

Bersama sodium, zat ini mengontrol keseimbangan cairan tubuh, yang membantu menjaga tekanan darah. Potasium juga membantu menjaga fungsi otot dan detak jantung. Dalam jangka panjang, juga berguna untuk mengurangi risiko batu ginjal dan osteoporosis. Anak bisa mengonsumsi kentang panggang, tomat, jeruk, dan pisang untuk mendapatkan potasium.

Vitamin A