16 Cara Detoks Sederhana yang Bisa Dilakukan Setiap Hari (2)

By nova.id, Selasa, 24 Juni 2014 | 07:44 WIB
16 Cara Detoks Sederhana yang Bisa Dilakukan Setiap Hari 2 (nova.id)

16 Cara Detoks Sederhana yang Bisa Dilakukan Setiap Hari 2 (nova.id)

"(image: CARE2.com) "

TabloidNova.com - Tak selamanya usaha untuk mempersehat tubuh dan mempertahankan bentuk tubuh menjadi usaha yang menyiksa. Bagaimanapun juga, kita adalah manusia yang sesekali pastinya ingin menikmati hidupnya sepantasnya, dengan melakukan hal yang menyenangkan. Begitu pula jika Anda ingin mencoba menjalani ritual detoks. Tak selamanya detoks harus menyiksa dan membatasi Anda dari banyak jenis makanan atau minuman dan juga kegiatan yang menyenangkan.

Kuncinya terletak di  pemilihan bahan makanan dan minuman. Setiap hari, setiap orang bisa melakukan detoks dengan cara yang sederhana. Detoks harian ini bisa membantu tubuh dengan memberikan asupan gizi yang tepat dan memperhatikan bagian tubuh yang tepat pula. Dan daripada melakukan detoks instan dalam waktu cepat dan menyiksa, ada baiknya mencermati trik detoks harian yang sederhana ini yang bisa dilakukan dalam kegiatan sehari-hari.

Berikut cara detoks sederhana yang bisa dilakukan setiap hari:

8. Jungkir balik. Sehari-harinya, tubuh sudah melakukan aktivitas dengan posisi sesuai gravitasi. Tapi di malam hari, cobalah untuk membalikkan badan Anda selama beberapa waktu. Misalnya kepala di bawah dan kaki diangkat ke atas, atau sekedar bersandar pada dinding dan menaikkan kaki Anda luruh ke atas. Studi membuktikan bahwa kerja tubuh melawan gravitasi akan menstimulasi sistem tubuh dan mempercepat proses pemurnian darah.

9. Lompat. Gerakan melompat baik untuk meningkatkan sirkulasi tubuh. Lompat di atas trampolin terbukti sebagai cara yang baik dan mudah untuk memulai hari Anda setiap pagi.

10. Memindahkan "racun". Prose pembersihan usus juga diperlukan untuk tubuh. Cara yang paling mudah, dengan mengkonsumsi suplemen serat harian, termasuk probiotik dan tambahan enzim untuk pencernaan

11. Usap tubuh sebelum mandi. Mungkin terlihat sepele, tapi sebelum mandi, luangkan waktu untuk mengusap tubuh Anda yang kering dari ujung kaki sampai kepala. Tindakan ini akan mengaktifkan sistem limpa, melancarkan sirkulasi darah dan mempertinggi proses eliminasi racun dari tubuh.

12. Kikis lidah. Terdengar lucu memang, tapi proses pengikisan lidah di pagi hari bisa membantu mengenyahkan sisa-sisa bakteri dan racun dari malam sebelumnya. Selain itu, dijamin Anda tidak hanya melakukan proses detoks sederhana, tapi juga membuat nafas Anda menjadi lebih

13. Mencoba hydrotheraphy. Cara dan metode hydroteraphy memang beragam. Tapi cara yang paling mudah adalah dengan mengganti suhu air mandi Anda setiap 30 detik dari dingin ke panas dan seterusnya. Air dingin membuat stimulai darah berjalan baik sementara air panas membuat tubuh rileks.

14. Mandi detoks. Ada ramuan khusus untuk mandi detoks. Dan ini bisa Anda lakukan sekali seminggu. Campurkan beberapa bahan ini ke dalam air mandi Anda. Mereka adalah garam laut mati sebanyak dua cangkir, dua cangkir baking soda, satu potong jahe segar dan empat tetes minyak essensial beraroma geranium, eucalyptus atau berry.

15. Pijit. Proses pijit pastilah meningkatkan sirkulasi darah dan bisa mengenyahkan racun dalam tubuh. Ditambah lagi, pijit akan menyuguhkan sensasi yang menyegarkan dan penat pun bisa lepas.

16. Ciptakan lingkungan rumah yang sehat. Perbanyak tanaman hijau di rumah Anda. Jangan lupa membersihkan AC dengan rutin, hindari bahan-bahan rumah tangga yang mengandung materil kimiawi yang tinggi dan mulailah gunakan penyaring udara.

Yetta Angelina