Alasan Anda Menerima Karyawan

By nova.id, Rabu, 14 April 2010 | 17:55 WIB
Alasan Anda Menerima Karyawan (nova.id)

Alasan Anda Menerima Karyawan (nova.id)

"Foto: Romy Palar "

Pencari kerja yang tidak tahu apa yang tengah dicari pemberi kerja, pasti tidak tahu bagaimana caranya berkomunikasi secara tepat untuk meyakinkan perusahaan bahwa dialah kandidat yang tepat.

Dari sebuah survei internasional terungkap, disamping kualifikasi kerja yang bersifat mendasar, ada karakteristik lain yang paling diincar dari lamaran kerja, yakni kemampuan bekerja multitasking (36%), inisiatif (31%) dan berpikir kreatif (21%). Berikut 10 alasan utama mengapa pemberi kerja bersedia menerima pencari kerja di lingkungan perusahaannya. Simak 10 trik agar Anda mendapatkan pekerjaan yang diidamkan.

1. Punya potensi jangka panjang

Mengapa poin ini begitu penting? Karyawan diharapkan bisa melihat seperti apa masa depannya dalam perusahaan. Sehingga ia senang dan termotivasi meraih pencapaian jenjang kariernya, bagaimana masa depan perusahaan dan apa perannya di dalam perusahaan.

Sedangkan dari perspektif pemberi kerja tentu saja perusahaan menginginkan seseorang yang secara aktif ikut membangun perusahaan sebagai sebuah organisasi.

Tip: Berikan contoh nyata atau ajukan pertanyaan yang menggambarkan Anda memiliki pemikiran semacam itu. Contohnya, sah-sah saja menanyakan bagaimana prospek peningkatan jenjang karier bagi karyawan yang berhasil menunjukkan prestasi gemilang di posisi yang tengah diincar. Perusahaan yang bonafide pasti bersedia menunjukkan contoh-contoh nyata mengenai hal ini.

2. Memiliki kemampuan untuk bekerja sama dengan siapapun

Tak ada yang lebih buruk ketimbang berada bersama-sama, bahkan sebagai rekan kerja, dengan seseorang yang tak bisa bekerja sama dengan orang lain. Karenanya, menghormati orang lain, bersedia menolong siapa saja, penuh pengertian, dapat dipercaya, dan kompeten merupakan sederet "hukum tak tertulis" mengenai sosok pekerja yang bisa diterima di lingkungan kerja mana pun.

Tip: Sampaikan cerita tentang seseorang yang punya pengalaman bekerja menyenangkan meski di tengah situasi yang amat menantang karena sesama rekan kerja saling membantu bahkan pimpinan tak segan pulang malam untuk membantu timnya memenuhi deadline yang ditetapkan perusahaan.

3. Mampu mendatangkan keuntungan

Perusahaan manapun pasti menginginkan orang yang mampu membuktikan dirinya bahwa ia bisa meningkatkan penghasilan atau menurunkan ongkos produksi.