Melly Kiong Menawarkan Konsep Mendidik Anak (2)

By nova.id, Selasa, 28 September 2010 | 04:51 WIB
Melly Kiong Menawarkan Konsep Mendidik Anak 2 (nova.id)

Apa lagi yang seharusnya dilakukan orangtua untuk bisa mendidik anak dengan baik?

Orangtua harus bekerjasama dengan pihak sekolah dalam mendidik anak. Sayangnya, ini sering dilupakan orangtua. Mereka menganggap, dengan menyekolahkan anak, sekolahlah yang bertanggungjawab untuk mendidik anaknya. Ini anggapan yang salah.

Perlu diketahui, anak hanya menghabiskan 25 persen waktunya di sekolah, sisanya mereka ada di rumah dan lingkungan. Selain itu, membangun kepercayaan diri pada diri anak juga sangat penting. Ini bisa dilakukan dengan memberikan pujian dan pelukan setiap kali dia berbuat baik. Buat kita itu sepele, taapi buat anak itu sangat besar artinya. Kalau dia sering dipuji atas sikap baiknya, dia juga akan belajar memuji orang. Anak juga perlu diajari supaya punya mental juang yang tinggi.

Caranya?

Misalnya anak ingin mendapat mainan, dia harus mengumpulkan stiker dulu dalam jumlah tertentu.

Bagaimana cara mengumpulkan stiker?

Kalau mereka melakukan satu hal baik, misalnya belajar, membantu membuang sampah, minum susu, tidur siang, atau mengerjakan pe-er, akan mendapat satu stiker. Kalau dalam seminggu itu masing-masing bisa mengumpulkan jumlah stiker yang ditentukan, pada akhir minggu mereka boleh mendapatkan mainan. Begitu seterusnya.

Apa lagi yang Anda terapkan sebagai pendidikan mereka?

Setiap kali habis menonton film, saya selalu bertanya kepada mereka apa intisari film itu? Saya ingin tahu bagaimana sudut pandang anak-anak saya tentang hal itu. Kalau pandangan mereka baik, kami bersyukur. Tapi kalau mereka salah, itulah kesempatan kami untuk memperbaikinya. Saya selalu mengatakan kepada mereka, apa pun yang mereka lakukan ada nilainya, ada tanggung jawab yang harus mereka pikul.

Selain itu?

Kepedulian terhadap orang lain juga saya terapkan. Saya bilang kepada anak-anak, apa yang menurut mereka tidak enak, jangan sampai orang lain mengalaminya. Banyak tulisan yang saya tempelkan di seluruh rumah, misalnya di wastafel saya tulis 'betapa setetes air sangat bermanfaat bagi saudara kita di NTT', jadi mereka akan menutup kran dengan rapat.

Apa hasil yang Anda lihat dari penerapan itu?