Tips Atasi Gangguan Makan Anak

By nova.id, Selasa, 20 November 2012 | 01:18 WIB
Tips Atasi Gangguan Makan Anak (nova.id)

Jennifer menderita anoreksia dan bulimia hingga beratnya selalu naik turun 40 kg hingga 35 kg. Orangtuanya , Sue dan Allan, serta adik, Abby, mengatakan,  mereka tidak mengenali Jennifer lagi.

Gangguan makan yang diidapnya juga mengacaukan keluarga mereka. Mengatasi gangguan makan serius semacam ini, Dr Phil McGraw berbagi tips mengatasi gangguan makan dengan strategi keluarga:

Jangan berkompromi dengan  aturan main gangguan makan.

Pada kasus Jennifer, penderita kerap menentukan waktu makan keluarganya. Ia menimbun makanan di kamar, marah jika ada yang memakanannya, menyuci hamakan  bahan makanan, dan tidak ada anggota keluarga yang boleh makan sampai Ia selesai. Selama ini, keluarganya membiarkan dirinya melakukan apa yang diinginkan hanya untuk menghindari konfrontasi. "Sayangnya, Anda  sedang dijalankan oleh penyakit. Anda berjalan di jadwalnya," saran Dr Phil pada keluarga Allan. "Ini adalah ekstorsi emosional utama: 'Saya akan mati jika Anda tidak melakukan apa yang saya inginkan.'" Dr Phil mengatakan, sebenarnya pengorbanan mereka tidak membantu Jennifer. Sebaliknya, ini membuat  keluarga  menjadi terpisah.

Jangan abaikan hubungan sosial.

Anggota keluarga Jennifer menyadari mereka kerap menghindari tatapan  orang asing atau  malu dengan perilaku salah satu anak mereka. "Jangan lupakan, Anda memiliki dua anak, memiliki satu sama lain, memiliki teman-teman, memiliki komunitas gereja, dan juga memiliki komunitas lingkungan rumah," ungkap Dr Phil mengingatkan. Oleh karena itu, keluarga  tidak dapat menutup diri dari seluruh dunia  akan masalah ini.  

Buat sistem dukungan keluarga.

Perlu orang yang dicintai untuk mendapatkan bantuan profesional dan mencari konseling keluarga. "Anda butuh bantuan, baik sebagai individu maupun  keluarga karena ini diluar kemampuan Anda. Ibarat  mendapatkan kebakaran kecil di dapur. Tahu-tahu, lemari dapur Anda terbakar, tirai  terbakar, hingga melompat ke ruang kerja. Ada titik di mana Anda perlu  memanggil pemadam kebakaran," ujar Dr Phil keluarga Allan. Dr Phill menyarankan keluarga Allan meminta Jennifer  mendapatkan bantuan profesional,  jika  tidak dia harus pergi ke tempat lain. Duduk dan diam melihat Jennifer terus merusak tubuhnya bukanlah sebuah pilihan.

Bersabarlah dan hadapi penolakan serta permusuhan.

Sadarilah, jika ini merupakan penyakit kronis, bukan hanya menghadapi orang yang tidak mau makan.  Anda perlu mengupayakan keadaan yang memaksanya berubah. Kendati Anda harus menghadapi  penolakan dan  permusuhan. Anda perlu menghadapi, kendati Ia akan akan melempar kemarahan,  mengata-ngatai dan berteriak.

Jangan salahkan diri.

"Ingat, Anda tidak bisa disalahkan di sini. Ini bukan salahmu.. Kalian tidak harus menanggung ini," kata Dr Phil.