Makanan Pencegah Sendawa, Kembung dan Buang Gas

By nova.id, Senin, 3 Juni 2013 | 11:13 WIB
Makanan Pencegah Sendawa Kembung dan Buang Gas (nova.id)

Makanan Pencegah Sendawa Kembung dan Buang Gas (nova.id)

"Ilustrasi "

Berikut beberapa makanan yang perlu Anda konsumsi untuk mencegahnya terjadi.

Makanan Berserat

Penuhi piring makan Anda dengan chery, anggur, paprika, biji-bijian, gandum utuh dan kacang-kacangan. Makanan tinggi serat makanan seperti ini dapat membantu pencernaan tetap terjaga dan BAB lancar.

Para ahli merekomendasikan sekitar 20 hingga 35 gram makanan berserat setiap hari untuk mencegah gas dalam perut. Selain bermanfaat mengurangi gas perut, serat juga dapat menjaga berat badan stabil, mencegah penyakit jantung, gula darah stabil dan mengurangi risiko ambeien.

Kunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet dapat mengurangi refluks dan risiko sakit maag karena dapat memicu produksi air liur yang menetralisir asam lambung.

Namun pertimbangkan permen karet selain peppermint yang dapat mengiritasi lambung. Dan hentikan mengunyah permen karet jika  ini menyebabkan Anda lebih banyak menelan udara, yang dapat menyebabkan sendawa maupun kembung.

Makan Porsi Kecil

Cara paling baik mencegah gangguan pencernaan, kembung, sakit maag dan penyakit pencernaan lainnya adalah dengan makan dalam porsi kecil namun sering.

Selain makan dalam porsi kecil, Anda juga perlu mengunyah lebih lama untuk mencegahpencernaan bekerja terlalu berat. Mengunyah makanan lebih lama juga membantu pengosongan lambung lebih cepat dan mencegah seseorang makan berlebih.  

Sebagaimana diketahui, menjaga berat badan ideal juga merupakan salah satu cara menurunkan risiko kerap bersendawa, buang gas dan sakit kembung.