Agar Anak Tak Rewel Minum Obat

By nova.id, Rabu, 12 Mei 2010 | 17:33 WIB
Agar Anak Tak Rewel Minum Obat (nova.id)

Meski sekarang obat anak sudah tersedia dalam rasa buah yang lebih ramah di lidah atau bentuk yang lebih familiar dengan kesehariannya, masih saja sulit meminta anak mengonsumsi obat.

Orang tua pun dibuat pusing karena jika obat tak dikonsumsi, makin butuh waktu lama agar Si Kecil sembuh dan kembali sumringah.

Trik khusus menjadi kunci mengatasi masalah ini. Simak bersama-sama, yuk!

Serahkan Kontrol pada Anak

Daripada memaksa anak, lebih baik serahkan saja "kekuasaan" meminum atau menelan obat padanya. Langkah ini bukan berarti anak bebas makan kapan saja, tapi berikanlah pilihan padanya dan minta ia memutuskan sendiri.

Misalnya, "Kakak mau minum obatnya sehabis gosok gigi atau langsung setelah bangun tidur?" Dengan begini, anak tidak akan merasa terpaksa.

Jangan lengah untuk mengawasi konsumsi obat dengan menyesuaikan aturannya. Apakah setelah atau sesudah makan, juga berapa kali dalam sehari.

Hilangkan Baunya

Untuk bau dan rasa yang tak enak pada obat, hilangkan sensasinya dengan:

1 Minta anak menutup hidung sehingga bau dan rasa pahit pada obat tak lagi terasa. Segera minum jus apel atau jeruk setelahnya. 2 Kulum es batu selama beberapa menit untuk mematikan indera pengecap pada lidah. 3 Campurkan obat bersama jus buah atau yogurt.

Lancar Ditelan

Menelan obat butuh banyak usaha bagi Si Kecil, yang jelas jangan sembarangan membuka kapsul. Pasalnya, pembungkus kapsul berfungsi untuk melindungi perut dari iritasi.