Jauhkan Liburan Anda dari Stres

By nova.id, Sabtu, 25 Mei 2013 | 21:05 WIB
Jauhkan Liburan Anda dari Stres (nova.id)

Jauhkan Liburan Anda dari Stres (nova.id)

"Ilustrasi "

Berikut adalah 9 tips yang bisa membantu Anda menghindari masalah saat liburan. 

Memesan Lebih Awal

Tetapkan rencana perjalanan Anda sedini mungkin untuk mendapatkan penawaran yang lebih murah dan jadwal yang lebih fleksibel. Pilih penerbangan nonstop jika mungkin. Hindari bepergian pada tanggal sibuk, misalnya di weekend atau mendekati hari raya. 

Pertolongan Digital

Sebelum Anda meninggalkan rumah, download atau cari tahu mengenai tempat-tempat liburan yang ingin dikunjungi melalui tablet, e-reader, smartphone, laptop, atau DVD player portabel.Untuk mengisi waktu di sepanjang perjalanan, siapkan video game atau mainan lainnya untuk anak agar mereka tidak bosan atau stres. Pastikan juga untuk membawa earphone, baterai cadangan, dan pengisi daya lainnya.

Bersiap Lebih Awal

Berangkatlah satu jam lebih awal dari biasanya untuk mengantisipasi kemacetan atau lainnya. Bukankah lebih baik jika Anda berjalan santai menyusuri bandara atau stasiun kereta api,daripada harus berlari-lari mengejar penerbangan atau kereta dengan anak-anak dan bawaan yang banyak. 

Utamakan Keamanan

Jika Anda terbang, pastikan Anda menggunakan fasilitas asuransi yang disediakan. Gunakan semua alat keselamatan yang disarankan. Seperti, seat bealt, mematikan telepon selular, dantidak memakai perhiasan berlebihan, dan lain sebagainya. Jika bepergian dengan anak-anak, gunakan jalur keluarga kalau memang tersedia. Pastikan anak Anda tahu apa yang diharapkan.

Rencana Penundaan

Siapkan mental untuk masalah penundaan atau pengalihan rencana. Ini akan membantu Andadalam mengambil keputusan, mengurangi stres, dan mencari tahu Plan B. Untuk mengantisipasiAnda dan keluarga terjebak semalam di bandara atau stasiun, siapkanlah makanan ringan, pakaian ekstra untuk semua orang, dan beberapa kejutan mainan kecil untuk pengalih perhatiandi tas. Diapkan juga nomor kontak persewaan mobil untuk mengundur penyewaan atau temandan keluarga yang berada di kota yang ingin Anda tuju.