Cemburu: Rekat atau Retak? (2)

By nova.id, Minggu, 11 November 2012 | 07:54 WIB
Cemburu Rekat atau Retak 2 (nova.id)

Merusak Kalau...

Cemburu yang ekstrem termasuk salah satu jenis emosi yang buruk dan akan merusak diri sendiri sekaligus menyakiti orang yang Anda kasihi.

Misalnya, pasangan sengaja memotong rambutnya lebih pendek. Ia beralasan rambut pendek yang tertata rapi akan mengingatkan Si Pasangan akan wajahnya saat pertama kali bertemu. Saat ia memamerkannya kepada Anda, Anda malah mengamuk tak karuan. "Buat apa potong rambut? Biar dilirik cewek lain?" jawab Anda dengan bersungut-sungut.

Atau, Anda kerap menguntit pasangan dengan segala cara. Dari mulai membuka-buka handphone-nya, mencari tahu segala sesuatu tentang teman hingga mantan pacarnya, hingga marah ketika telepon seluler pasangan Anda berdering karena ditelepon nomor tak dikenal. Ada juga, lho, pasangan yang ketakutan istrinya melakukan perbuatan yang tidak-tidak hanya gara-gara ia pergi sebentar ke kamar mandi saat mereka hendak melepas lelah di kamar tidur.

Pasangan, di mana salah satu atau keduanya adalah pencemburu ekstrem, sebenarnya mudah dikenali. Biasanya, mereka tak suka pergi keluar rumah karena takut "tersaingi" lawan jenis. Rumah baginya adalah zona aman alias bebas stres. Tapi, jangan salah, pencemburu macam ini bisa "tersundut" hanya karena pasangannya menyukai aktor terkenal yang kebetulannya filmnya sedang ditonton, lho.

Tahukah apa yang paling merusak dari kecemburuan tingkat tinggi seperti ini? Pertama, perasaan ini tidak akan pernah bisa mencegah pasangan untuk memalingkan muka. Sebaliknya, perselingkuhan atau dicampakkan justru kerap terjadi karena pasangan sudah tak nyaman tidak dipercayai.

Jadi, jangan biarkan cemburu merusak hubungan Anda berdua. Solusinya bisa dicoba di boks "Tujuh Langkah Tangkal Cemburu". Memang langkah-langkah ini bukan cara memperbaiki secara instan. Akan tetapi, waktu dan kegigihan usaha dari dalam diri akan lebih banyak memengaruhi hasilnya.

Tujuh Langkah Tangkal Cemburu

Mengapa Anda kerap cemburu? Trauma masa lalu atau karena Anda dulu tak setia? Lalu, apakah Anda mencintai diri sendiri? Semakin kuat rasa ini, semakin rendah pula rasa cemburu. Setelah Anda berhasil menemukan jawabannya, saatnya Anda menapaki tujuh langkah memperbaiki sifat cemburu yang overdosis.

1. Tiap kali merasa cemburu, tuliskan dan beri level seberapa parah kecemburuan yang Anda rasakan dari skala 1 - 10.

Contoh: Sepertinya suamiku makin dekat dengan mantan pacarnya (skala: 8).

2. Di bawah kalimat ini, tuliskan semua alasan mengapa Anda merasa cemburu.