Pilah-pilih Permainan Anak

By nova.id, Selasa, 24 Juli 2012 | 01:25 WIB
Pilah pilih Permainan Anak (nova.id)

Pilah pilih Permainan Anak (nova.id)

"Ilustrasi "

DISKUSIKAN ATAU PILIH SESUAI USIA

Bagi anak usia tujuh tahun ke atas yang sudah dapat diajak diskusi, memilih permainan bisa dilakukan dengan menanyakan dulu pada anak. Anak usia ini sudah bisa diajak berkomunikasi dan memilih permainan yang disukai.

Sedangkan anak usia di bawah 7 tahun, orang tua dapat mengarahkan beberapa permainan yang sifatnya mengasah nilai dan bermanfaat mengasah kemampuan sensorik dan motorik.

SESUAI POTENSI CERDAS

Memilih permainan untuk anak juga didasarkan kebutuhan. Pertimbangkan kebutuhan permainan  berdasarkan potensi cerdas anak.

"Setiap anak pada dasarnya unik, selain butuh jam bermain yang berbeda juga perlu dilihat dirinya lebih minat kemana. Ada 8 potensi cerdas yang dalam kegiatan bermain bisa dioptimalkan," ungkap Fabiola.

Seiring berjalannya waktu, permainan akan terseleksi oleh minat dan potensi cerdas anak.

KAPAN BERLEBIHAN?

Sebenarnya, yang dikatakan bermain secara berlebihan adalah ketika anak bermain lalu tak bisa membagi waktu dengan kegiatan lain. Misal, bermain membuat anak jadi lupa makan, tidak mandi, tak mengerjakan PR dan seterusnya.

Memang, dengan bermain anak juga dapat mengoptimalkan kemampuan dan kercerdasan namun jika berlebih ini akan mengganggu aktivitas yang lain bahkan akademis.

BERMAIN SESUAI GENDER