Gaun Biru Hitam Atau Putih Emas? Jawabannya Menggambarkan Diri Anda

By nova.id, Senin, 2 Maret 2015 | 10:56 WIB
Gaun Biru Hitam Atau Putih Emas Jawabannya Menggambarkan Diri Anda (nova.id)

Tabloidnova.com - Ini masih seputar polemik yang menyertai sebuah foto misteri gaun biru hitam atau putih emas.

Apa pun yang Anda lihat, apakah gaun itu berwarna biru dan hitam atau putih dan emas, ternyata akan mengungkapkan banyak hal tentang diri Anda.

Sebab, apa yang Anda lihat sangat tergantung pada cara atau program otak Anda dalam memahami cahaya yang masuk melalui mata.

Dan hal ini secara ilmu pengetahuan akan menjelaskan apakah Anda seseorang yang 'hidup' di siang atau malam hari.

Ketika Anda menyebut warna gaun itu adalah biru hitam atau putih emas, orang lain yang mendengar jawaban Anda bisa jadi menyebut tebakan itu salah.

Bahkan, pada orang yang melihat gaun itu berwarna biru hitam, umumnya ia tak habis pikir bagaimana ada yang bisa melihatnya berwarna putih emas, begitu pula sebaiknya.

Akan tetapi, ini bukan soal salah atau benar.

Beda Cara Menyeleksi Warna

Pasalnya, soal warna gaun misterius itu ternyata sangat tergantung pada siapa dan di mana Anda berada. Warna yang dilihat sebenarnya merupakan konsekuensi dari cara mata Anda berkembang, serta bisa memberitahu Anda hal-hal penting mengenai cara kerja mata di saat dunia tak diterangi oleh sinar matahari.

Yang menjadi persoalan adalah ketika mata melihat warna, otak secara alamiah akan menghindari pantulan cahaya sebagai objek, dan hanya melihat warna sebagai objek itu sendiri. Misalnya, jika melihat kemeja putih di bawah sinar matahari berwarna kekuningan, maka mata akan mengurangi sendiri cahaya kekuningan dari matahari, sehingga otak menerjemahkan warna kemeja itu adalah putih.

Hal yang sama terjadi pada sistem visual manusia yang dapat ditemukan pada sistem dalam kamera, yang disebut white balance. Hal ini yang memungkinkan kamera melakukan hal yang sama dengan otak manusia, yakni memutuskan apakah warna dalam suatu foto akan menjadi putih atau kekuningan, dengan cara menyesuaikan diri.

Nah, yang terjadi pada foto gaun misterius pun demikian. Mereka yang melihat gaun itu berwarna putih emas, memiliki cara melihat laiknya malam hari. Ia mengurangi unsur warna biru saat melihat sesuatu.