Membangun 'Ikatan' dengan Anak

By nova.id, Senin, 25 Juni 2012 | 00:35 WIB
Membangun Ikatan dengan Anak (nova.id)

Membangun Ikatan dengan Anak (nova.id)

"Ilustrasi "

MAKAN MALAM

Membangun bonding yang kuat dengan anak sebaiknya menjadi prioritas bagi keluarga Anda. Kendati Anda sulit memiliki waktu bersama sekedar makan malam bersama setiap malam, rintangan yang ada adalah untuk diatasi.

Anda mungkin sibuk dengan rutinitas pekerjaan sedangkan anak sibuk dengan kegiatan hobi nya. Tetapi kata "tidak bisa" sebaiknya dihilangkan dari kamus Anda. Tanamkan, Anda dapat memiliki waktu bersama kendati rutinitas telah menyita waktu. Pikirkan bahwa waktu berlalu begitu cepat, Anda akan kehilangan momen menyaksikan anak-anak tumbuh.

Sekali waktu, buatlah kesempatan dimana Anda bisa menyelinap dari hiruk pikuk rutinitas. Buat makan malam khusus. Matikan televisi, duduk di meja makan (bukan sofa atau kamar), dan libatkan seluruh anggota keluarga mempersiapkan makanan.

Jangan bermain peran sebagai "pelayan rumah tangga" sementara yang lain hanya menikmati makanan. Di saat anak-anak membantu mengatur meja, Anda telah memiliki kesempatan mengajarkan mereka tanggung jawab sekaligus kebebasan.

Saat makan malam, mintalah anak-anak bercerita pengalaman mereka di sekolah. Semua orang dapat menceritakan bagian terbaik dan terburuk hari mereka di meja makan. Anda akan terkejut betapa sebuah makan malam dan duduk bersama sederhana ini akan membuat Anda "dikenal" anak-anak Anda.

GAMES MALAM HARI

Bermain game dengan anak-anak memberi Anda kesempatan untuk bersenang-senang. Namun anak-anak juga berkesempatan melihat sisi yang lebih menyenangkan dari Anda.

Tebak kata adalah permainan keluarga yang bisa dimainkan tanpa mempedulikan usia. Anda bisa mengurangi sekat usia pada anak-anak. Monopoli adalah permainan yang dapat dilakukan bersama anggota keluara dengan anak-anak yang telah cukup umur dan memahami aturan (biasanya dengan anak usia 8 tahunan). Atau, memainkan permainan tradisional seperti ular tangga dan congklak yang tak perlu memeras otak dan sekedar berbagi momen yang menyenangkan bersama.

Di dalam permainan, Anda akan menemukan banyak waktu berbicara satu sama lain saat permainan berlangsung. Pilihan terbaik untuk menggelar aktivitas bersama keluarga adalah melakukan sesuatu untuk semua orang. Miliki permainan yang memberi Anda kesempatan menunjukkan "orang tua tak selalu serius". Dan, anak-anak akan melihat sisi lucu Anda dan ini akan meningkatkan kualitas hubungan Anda dan anak. Sisanya, miliki kenangan indah bersama dan bentuk tradisi bermain bersama keluarga.

WAKTU ONE-ON-ONE