Tart Kelapa Muda

By nova.id, Senin, 5 November 2012 | 22:36 WIB
Tart Kelapa Muda (nova.id)

Kulit:150 g margarin¼ sdt garam300 g tepung terigu1 bh kuning telur50 g tepung gula2 sdm air es

Isi:250 ml santan, dari ½ butir kelapa¼ sdt garam1 lbr daun pandan60 g gula pasir30 g tepung maizena, larutkan dengan  3 sdm air1 bh kuning telur, kocok250 g kelapa muda, keruk lebar50 g kismis, potong dua bagian50 g fruit mix

Olesan: (aduk rata)1 bh kuning telur1 sdt susu cair

Cara Membuat:1. Kulit: Campur rata semua bahan dengan garpu sampai berbutir. Diamkan selama 30 menit dalam kulkas.2. Ambil sebagian adonan, giling tipis adonan setebal 0,5 cm. Cetak di dalam cetakan pai besar diameter 20 cm dan tinggi 4 cm. Tusuk-tusuk dengan garpu. Panggang di dalam oven bersuhu 170 derajat Celsius selama 20 menit. Angkat dan sisihkan.3. Isi: Rebus santan, garam, daun pandan, dan gula pasir sambil diaduk sampai mendidih. Tuang larutan tepung maizena, aduk rata. Masak sampai mendidih.4. Ambil 1 sendok sayur adonan, tuang ke dalam kocokan kuning telur, aduk rata. Matikan api, tuang kembali campuran kuning telur ke dalam rebusan santan sambil diaduk rata. Nyalakan api, masak sampai mendidih.5. Tambahkan kelapa muda, kismis, dan fruit mix, aduk rata. Tuang adonan isi ke dalam kulit yang sudah dipanggang. Sisihkan.6. Giling tipis sisa adonan kulit, potong-potong memanjang dengan lebar 1 cm. susun potongan kulit di atas pai hingga seluruh permukaan tertutup. Oles dengan bahan olesan.7. Panggang kembali di dalam oven bersuhu 170 deratajat Celsius selama 25 menit atau sampai matang.

10 potong 60 menit

Tips: Jangan terlalu tipis menggiling adonan kulit. Jika terlalu tipis, kulit tart akan kurang kokoh dan cepat hancur. Sebaliknya, jika terlalu tebal, kulit tart tidak renyah bahkan cenderung keras.

Resep: Dahrani Putri, Uji Dapur: Dilla, Penata Saji: Shindunata, Foto: Fadoli Barbathully/NOVA