Waspadai Penyakit Mata

By nova.id, Sabtu, 30 Maret 2013 | 00:16 WIB
Waspadai Penyakit Mata (nova.id)

Waspadai Penyakit Mata (nova.id)

"Foto: Getty Images "

1 Penyakit mata tak hanya menyerang orang dewasa. Anak-anak pun tak luput dari penyakit ini, sehingga mengurangi rasa percaya dirinya. "Bayangkan saja, bagaimana resahnya anak jika penglihatannya terganggu di kelas. Misalnya, anak tidak bisa menerima pelajaran dengan baik," papar Dr. Florence M. Manurung, dari JEC@Kedoya.

2 Salah satu gangguan mata yang banyak menimpa anak-anak adalah ambliopia (lazy eye atau mata malas). Gangguan ini berupa penurunan kemampuan penglihatan akibat gangguan perkembangan penglihatan selama masa kanak-kanak. "Umumnya, gangguan ini mengenai satu mata. Tapi, kadang ditemukan juga di kedua mata," tutur Florence. Penyebabnya, mata juling hingga adanya hambatan, sehingga cahaya tak bisa masuk ke dalam mata.

3 Menurut Florence, mata malas harus diperbaiki sebelum usia 4 tahun. "Pasalnya, perkembangan otot anak paling sensitif di usia ini. Jadi, jangan menunggu sampai anak tidak bisa melihat," tutur Florence. 

4 Cara mengatasi mata malas bukan operasi dan obat-obatan. Melainkan, terapi oklusi atau patching. Caranya, menutup mata yang memiliki kemampuan penglihatan baik. Alhasil, mata malas akan memperoleh peluang mengembangkan daya penglihatan normal.

5 Apakah Anda memakai kacamata? Jika ya, saat anak berusia 1 tahun, lakukan pengecekan kondisi kesehatan matanya. "Tetap harus diperiksa kalau dua orangtuanya tidak memakai kacamata, tapi ada keturunan yang berkacamata dan ada riwayat gangguan mata dalam keluarga. Pokoknya, jika dicurigai ada gangguan mata, harus diperiksa pada tahun pertama," urai Florence.

6 Perkembangan mata anak-anak berlangsung hingga usia 10 tahun.

7 Penyakit mata yang juga bisa menyerang anak adalah mata kucing (cat eye). Persis seperti namanya, mata akan bersinar seperti mata kucing dan ada bintik putih yang terlihat lebih terang, terutama di tempat gelap. "Sebenarnya, penyakit ini adalah tumor ganas dengan tingkat perkembangan yang sangat cepat. Bola mata akan terus membesar dan menonjol. Bila dibiarkan, penderita bisa meninggal."

8 Katarak juga bisa menyerang orang muda yang berusia 20 tahun hingga anak-anak. "Orang dewasa terkena katarak karena usia. Sementara anak-anak karena infeksi saat hamil, obat-obatan yang diminum, gangguan mutasi gen, dan kehidupan yang tidak bagus seperti merokok," papar Florence.

9 Pemeriksaan mata untuk anak-anak tidak berupa huruf atau angka, melainkan garis dan objek.

10 Menurut Dr. Zeiras Eka Djamal, SpM., ophthalmologist dari JEC@Kedoya, penyakit mata yang kerap menyerang orang dewasa adalah glaukoma. Penyakit ini berisiko mengakibatkan kebutaan. "Ada kerusakan saraf mata hingga menyebabkan gangguan lapang pandang. Biasanya disebabkan tekanan bola mata yang tinggi."

11 Penderita glaukoma sering disebut pencuri penglihatan. Pasalnya, penderita memiliki penglihatan tajam saat ia melihat lurus ke depan. "Ibaratnya melihat dalam terowongan, namun penglihatan sekelilingnya tidak terlalu melihat. Makanya waktu jalan sering tersandung atau menabrak-nabrak."