Mengelola Osteoporosis

By nova.id, Kamis, 21 Maret 2013 | 08:33 WIB
Mengelola Osteoporosis (nova.id)

Mengelola Osteoporosis (nova.id)

"Ilustrasi "

Jangan sampai jatuh

Mulailah melakukan latihan yang dapat meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan keseimbangan untuk membantu kaki Anda tetap kuat.   Olahraga yang bisa dilakukan ialah berjalan atau berenang. Jangan banyak melakukan olahraga yang membuat Anda banyak membungkuk dan memutar seperti golf atau olahraga dengan faktor risiko terjatuh seperti ski. Beberapa ahli sering merekomendasikan tai chi.

Perhatikan dampak obat

Banyak obat-obatan yang dapat membuat Anda mengantuk atau pusing. Ini berbahaya mengingat kondisi itu bisa membuat Anda terjatuh. Jika memang obat-obatan yang Anda konsumsi sangat Anda butuhkan, minumlah dalam dosis yang lebih kecil atau tanyakan kepada dokter apakah Anda harus beralih ke obat lain.   Masalah mata dan telinga juga sering mengganggu keseimbangan.

Hati-hati melangkah

Hati-hati di mana Anda melangkah. Hindari lantai atau jalanan yang licin atau berisiko membuat Anda terjatuh.

Cerdas bersepatu

Berjalan tanpa alas kaki atau kaus kaki dapat meningkatkan risiko jatuh, lho, jadi kenakanlah sepatu meski Anda berada di dalam ruangan. Pilih sepatu dengan tumit rendah dan sol antislip.   Rapikan perabotan Aturlah perabotan rumah agar memungkinkan Anda berjalan atau beraktivitas. Jauhkan segala sesuatu yang mungkin menghambat langkah Anda. Misalnya, meja kopi berkaki rendah, rak majalah, pot tanaman, atau gulungan kabel.

Jangan terburu-buru

Berjalanlah dengan santai. Jangan melakukan sesuatu, terutama saat berjalan, dengan terburu-buru. Kecelakaan lebih mungkin terjadi jika Anda sedang terburu-buru.   Misalnya ketika Anda ingin masuk ke dalam lift, jangan mencoba menghentikan pintu lift dengan menggunakan kaki.

Perangkat keamanan