Kolesterol Stabil, Jatung Pun Sehat

By nova.id, Kamis, 14 Februari 2013 | 06:54 WIB
Kolesterol Stabil jatung Pun Sehat (nova.id)

Kolesterol Stabil jatung Pun Sehat (nova.id)

"Ilustrasi "

Berikut adalah panduan umum untuk hasil tes kolesterol total:

Kurang dari 200 mg/dL = Terbaik200 - 239 = TinggiDi atas 240 = Sangat tinggi

Usahakan sebelum tes kolesterol darah, ada baiknya Anda tidak mengkonsumsi apapun kecuali air putih selama 9 - 12 jam sebelumnya. Dengan berpuasa, hasil yang Anda peroleh akan lebih akurat.

LDL

Tingginya tingkat LDL (Low-density Lipoprotein) atau "kolesterol jahat" bisa mengancam kesehatan jantung. Mengapa? Kolesterol jahat itu dapat menyumbat arteri dan menyebabkan serangan jantung atau stroke. Jadi, jika Anda memiliki risiko penyakit jantung (bawaan), diabetes, berada di usia pertengahan, sebaiknya usahakan jumlah LDL Anda tetap rendah. Tingkat LDL yang normal adalah di bawah 130 mg/dL. Namun bagi Anda yang memiliki risiko jantung harus berada di bawah 100 mg/dL.

Makanan yang mengandung LDL tinggi adalah makanan yang tinggi lemak jenuhnya (yang bersantan, Red.). Kenari bisa baik untuk kolesterol jika Anda makan segenggam kecil, bukan sebagai camilan. Makanan ini mengandung Omega-3 dan merupakan sumber serat yang baik dan sehat.Trigliserida

Trigliserida adalah sejenis lemak yang bisa ditemukan dalam makanan, di daerah lemak, dan dalam darah. Lemak ini dibutuhkan untuk energi yang kita gunakan dalam waktu dekat (segera). Jika lemak tersebut tidak terpakai, maka akan tersimpan di dalam sel lemak kalau-kalau diperlukan kemudian hari.

Trigliserida terdapat pada makanan yang mengandung banyak kalori (terutama gula dan karbohidrat), seperti permen dan minuman manis. Bisa terbayang, kan, akan seperti apa tubuh kita terlalu sering mengkonsumsi makanan itu dan jarang beraktivitas?

Beberapa dokter terkemuka mengatakan, trigliserida di bawah 100 mg/dL merupakan jumlah yang terbaik.

Berikut panduan jumlah trigliserida:150 - 199 mg/dL = Batas tinggi maksimal agar tetap melindungi jantung.200 - 499 = Tinggi500 lebih = Sangat tinggi

Jika tingkat trigliserida Anda tinggi, tidak perlu menghabiskan uang dengan datang ke rumah sakit atau membeli obat. Mudah sekali menurunkan trigliserida, yakni dengan mengubah pola makan dan olahraga teratur.