Sepuluh Makanan Disarankan Saat Flu

By nova.id, Senin, 21 Januari 2013 | 02:30 WIB
Sepuluh Makanan Disarankan Saat Flu (nova.id)

Sepuluh Makanan Disarankan Saat Flu (nova.id)

"Ilustrasi "

Popsicle atau  es loli merupakan makanan yang mampu mengatasi tenggorokan nyeri, gatal, bengkak dan kering. Es loli  juga dapat membantu Anda tetap terhidrasi, dimana ini merupakan kunci  melawan flu. Kecukupan akan cairan dapat menjaga lendir tetap tipis dan  mengurangi  gejala hidung tersumbat. Jika Anda suka, cobalah es loli yang terbuat dari jus buah 100% untuk  mendapatkan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh (lebih baik dari gula dan air saja). Cobalah rasa kombinasi beberapa buah, misalnya, apel, anggur, atau strawberry.

Sandwich Kalkun

Daging kalkun baik bagi tubuh karena memiliki kandungan protein tanpa lemak, serta nutrisi esensial dan padat. Mengonsumsi sandwich atau daging kalkun dapat menambah energi bagi tubuh melawan penyakit. Tambahkan saus cranberry untuk sedikit citarasa yang lebih nikmat.

Jus Sayuran

Memakan salad mungkin menjadi hal terakhir yang ingin dilakukan untuk pulih dari flu karena ini sedikit merepotkan. Gantikan seporsi salad dengan segelas jus sayuran rendah sodium karena ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan memiliki kandungan antioksidan serta menjaga tubuh tetap terhidrasi. Jika Anda ingin menambahkan cita rasa manis, cobalah jus buah 100 %.

Sup Ayam

Sup ayam kaya akan gizi dan cukup menghidrasi. Bukti ilmiah menunjukkan, sup ayam dapat membantu penyembuhan dan memiliki efek anti inflamasi ringan. Penelitian menunjukkan jika sup ayam panas dapat meningkatkan fungsi silia (bulu halus yang merupakan bagian dari saluran  hidung) sehingga mampu mempertahankan tubuh dari bakteri dan virus.

Bawang Putih

Jika suka, buatlah sup atau makanan dengan bumbu bawang putih ekstra ketika sedang menderita flu. Bawang putih memiliki sifat anti mikroba dan merangsang kekebalan sehingga dapat melegakan hidung tersumbat serta meredakan gejala flu.

Jahe

Sakit perut? Mual? Jahe adalah obat rumah kerap digunakan untuk meredakan gejala-gejala ini. Beberapa penelitian menunjukkan, jahe mampu membantu melawan peradangan. Coba tambahkan jahe parut atau bubuk jahe dalam makanan maupun minum jahe.