15 Cara Hindari Stres

By nova.id, Minggu, 17 Juni 2012 | 00:43 WIB
15 Cara Hindari Stres (nova.id)

15 Cara Hindari Stres (nova.id)

"Foto: Ahmad Fadilah/NOVA "

Curhat

Menceritakan masalah kepada orang-orang yang Anda percayai, sangatlah mujarab untuk mengatasi galau atau menghilangkan stres. Menyimpan masalah bukanlah solusi yang baik, jadi lebih baik kita buang saja karena masalah hanya akan memberatkan ransel kehidupan kita.

Menulis Diary

Cobalah untuk mencari tempat dan waktu yang tenang, dan mulailah menulis. Anda dapat menuliskan tentang segala sesuatu yang terjadi sehari-hari. Biarkan kata-kata yang digoreskan mengalir dan keluar secara spontan, sesuai dengan yang dirasakan dan dipikirkan pada saat itu.

Berolahraga Ringan

Hentikan kegiatan sejenak, ambil waktu sekitar 10-15 menit untuk melakukan olahraga ringan agar kelenturan tubuh Anda terjaga. Olahraga juga dapat memperbaiki aliran darah ke otak, menambah gelombang alfa di otak yang berhubungan dengan ketenangan dan relaksasi, mengurangi tekanan darah, serta mengurangi ketegangan otot.

Putar & Dengar Lagu Favorit

Putar lagu-lagu favorit. Ikutlah bersenandung atau bahkan berdansa mengikuti irama lagu. Biarkan musik  melantun dan mulai menyejukkan hati Anda.

Tertawa

Tonton film-film komedi, duduk santai, dan tertawa merupakan salah satu cara yang baik untuk kesehatan. Tertawa merangsang tubuh untuk memproduksi hormon yang menyebabkan otak mengendurkan stres.

Ciptakan Ritual