Malam-Malam Yang Mencekam

By nova.id, Jumat, 13 Agustus 2010 | 17:01 WIB
Malam Malam Yang Mencekam (nova.id)

Tak jarang kita dapati si kecil mendadak terbangun dan menangis keras-keras. Boleh jadi ia mengalami mimpi buruk. Tak usah panik!

Dalam psikologi perkembangan, ada 2 macam mimpi buruk. Yang pertama adalah nightmare. "Ini yang betul-betul mimpi buruk," ujar psikolog Lidia L. Hidajat, MPH. Nightmare biasanya terjadi menjelang pagi atau saat tidur akan berakhir. "Anak biasanya juga akan teringat lama, bahkan bisa berhari-hari anak masih takut terus. Sehingga, anak kadang-kadang jadi takut kalau mau tidur lagi karena takut mimpi lagi."

Mimpi buruk yang kedua ialah night terror. Nah, yang ini lebih sering terjadi pada usia batita. Mimpi ini muncul ketika anak baru saja tidur, sekitar 1 atau 2 jam; tiba-tiba anak terbangun kaget dan berteriak. "Biasanya anak bangun dalam kondisi panik, tapi begitu ibu atau ayahnya datang dan menenangkan, anak akan tidur lagi seperti tak terjadi apa-apa," lanjutnya. Berbeda dengan nightmare yang akan lama hilang, night terror biasanya akan langsung hilang. "Begitu paginya ditanya, anak sudah lupa."

ANEKA PENYEBAB

Lidia mengaku susah mencari penyebab mimpi buruk secara pasti. Bisa karena anak melihat gambar atau film yang menakutkan, tapi bisa juga karena memang ada sesuatu yang terjadi pada dirinya. "Jadi sifatnya bisa insidentil atau anak ingat kejadian yang ia alami," ujar psikolog dari Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya, Jakarta ini. Misalnya, anak habis dimarahi ibunya. Cekcok antar orang tua juga bisa menjadi penyebab.

Jangan salah, lo, kendati masih berusia batita, namun si kecil sudah bisa merasakan apabila ada yang tak beres dengan orang tuanya. "Pokoknya, masalah orang tua yang juga dirasakan oleh anak," tukas Lidia. Walaupun belum banyak terbukti, namun hal ini akan berpengaruh pada proses fisiologis anak dan muncul dalam bentuk mimpi buruk. Penyebab lain adalah kejadian traumatik yang sifatnya sangat membekas, sehingga meski anak masih kecil dan belum bisa omong tapi ia sudah melihat. "Apalagi kalau kejadian itu berpengaruh pada anak.

Misalnya, melihat ibunya mengalami kecelakaan dan meninggal dunia," tutur Lidia. Mimpi buruk juga bisa muncul karena fantasi. "Alam khayal anak usia ini, kan, masih besar; sehingga kadang-kadang sesuatu yang menakutkan, misalnya, film kartun, akan terbawa ke alam mimpi," terang Lidia. Anak usia batita sendiri sebetulnya belum mampu mengolah mana yang khayal dan mana yang tidak. Jadi, akhirnya ketika dibawa ke dalam mimpi, muncullah mimpi buruk. Lainnya adalah perubahan jam biologis anak atau karena anak over excitement. "Jadwal kegiatan anak yang tadinya teratur, tiba-tiba berubah. Atau, anak begitu senangnya; seharian begitu excited. Nah, malamnya ia bermimpi buruk."

KENALI POLA ANAK

Kendati penyebabnya yang pasti sulit diketahui, namun biasanya orang tua bisa merasakan apa yang terjadi pada anaknya. "Selain karena anak sendiri, orang yang selalu ada di sisi anak adalah orang tua. Jadi, orang tualah yang mengetahui rutinitas anak sehari-hari," kata Lidia. Biasanya, ada juga symptom yang lain. "Rutinitas anak yang dikenali orang tua tiba-tiba berubah. Pola yang berubah inilah yang biasanya juga menjadi sinyal bagi orang tua."

Misalnya, tadinya si kecil suka sekali main ke rumah Tante A, tapi tiba-tiba ia tak mau main ke sana. "Atau, tiba-tiba si kecil tak mau diajak ke mal tertentu,karena melihat sesuatu di mal tersebut sehingga seumur-umur ia nggak mau ke situ lagi. Nah, kadang-kadang malamnya ia akan mimpi dan berteriak-teriak." "Orang tua yang dekat dan tahu anaknya dari A sampai Z akan bisa mencari penjelasan sendiri saat si anak mengalami mimpi buruk," kata Lidia.

Jangan lupa, anak usia batita belum bisa menjelaskan kenapa ia bermimpi. Orang tualah yang tahu, oh, ini dinamikanya begini, kemarin ia begini, atau seminggu yang lalu ia mengalami, sehingga terjadi X yang membuatnya jadi mimpi buruk. Jadi, tandasnya, orang tua harus memiliki pengenalan yang mendalam tentang sifat, kebiasaan, dan rutinitas anak; bagaimana anak saat menghadapi sesuatu yang tak enak baginya. "Kalau nggak ada pola yang berubah, ya, berarti enggak ada apa-apa."

MASIH WAJAR