Kisah Asisten Rumah Tangga Sisihkan Gaji untuk Kuliah dan Lulus Cum Laude

By Dok Grid, Kamis, 25 Juni 2015 | 04:16 WIB
Cara cari asisten rumah tangga pakai grup Facebook (goc)

Kisah seorang asisten rumah tangga yang lulus cum laude sempat mendapat sorotan banyak pihak. Perjalanan perempuan ini memang banyak membuat terkesan, mengingat perempuan ini bisa mencapai segala cita-citanya dengan semangat yang tak pernah surut.

Memilih bekerja sebagai seorang asisten rumah tangga sebelumnya tak pernah terpikirkan oleh dara asal Desa Gunungan, Todanan, Blora, Jawa Tengah ini. Lepas menyelesaikan studinya di SMA Muhammadiyah 5 Todanan, Wati, begitu panggilan akrabnya, mencoba mengadu nasib ke ibukota. Sayangnya, ia hanya betah tinggal selama seminggu dan memutuskan kembali ke kampungnya.

Daripada menganggur, Wati pun ditawari bekerja di warung minuman. Berselang tiga minggu, lewat perantara, Wati ditawari bekerja sebagai asisten rumah tangga di rumah seorang dokter gigi, Lely Bachruddin, di Purwodadi, Jawa Tengah. Demi mendapatkan uang lebih banyak, Wati memberanikan diri mengadu nasib menjadi ART sejak 16 Agustus 2010.

Baca: Rahasia Pernikahan dari Pasangan Suami Istri Tertua di Dunia

Modal Semangat

Empat tahun lalu, Wati pertama kali menginjakkan kaki di rumah majikannya di Jalan Hayam Wuruk, Grobogan, Purwodadi, Jawa Tengah. “Sebelumnya saya memang sudah diberitahu akan bekerja di rumah Pak Bachruddin yang dokter gigi. Karena saya datang bersama satu teman yang juga dari kampung jadi ya enggak takut atau khawatir. Apalagi di rumah ternyata ada dua teman ART. Ya sudah, pokoknya niat saya kerja, jadi siap untuk bekerja saja. Lagian saya sudah terbiasa melakukan pekerjaan berat dari kecil, jadi enggak gimana-gimana,” kisahnya.

Wati mengaku terbiasa membantu kedua orangtuanya, Sumijan dan Jasmi, di sawah. “Sejak SD pun saya sudah biasa ambil air dan mikul sehabis pulang sekolah. Jaraknya 300 meter, tapi jalannya berbukit. Saya juga biasa membersihkan rumah, tapi memang saya enggak bisa memasak,” ucapnya polos.

Walaupun mengaku belum berpengalaman bekerja sebagai ART, Wati memiliki modal semangat dan berusaha mengingat pesan orangtuanya. “Saya ingat pesan orangtua, kalau bekerja harus jujur. Saya juga harus rajin dan bertanggung jawab. Kata bapak di kampung, kalau saya menerima berarti saya pun harus siap memberikan lewat tenaga dan pengabdian,” jelasnya.

Menurut Wati, dia dan teman-teman ART yang bekerja di rumah drg. Lely Astati Bachruddin pun berbagi tugas. “Kalau sekarang sih cuma tinggal saya dan seorang teman, dua lainnya sudah keluar. Dulu sih ramai, jadi enggak kesepian. Tapi dari awal, Ibu dan Bapak (majikan) dan kedua anaknya memang baik, jadi sejak awal sudah merasa diterima. Palingan adaptasi saja sih sama pekerjaan tapi enggak lama kok,” sahut asisten rumah tangga yang lulus cum laude ini.

Setiap hari Wati semakin terampil mengerjakan semua pekerjaan mulai dari menyapu, mengepel, menyiapkan teh, berbelanja, sampai membantu pengiriman gigi di klinik gigi majikannya. “Biasanya kalau siang sudah bebas, saya memilih mengakses internet lewat HP untuk mendapatkan informasi, biar enggak ketinggalan,” sahutnya. Dengan gaji setiap bulan sebesar Rp300.000, setengahnya kemudian rutin ia tabungkan untuk beberapa rencana masa depannya.

Telat Bayar Semesteran

Sebenarnya, Wati pernah bercita-cita menjadi seorang polisi wanita. Tapi, perempuan bertubuh mungil ini tahu diri. Selain fisiknya yang kurang mendukung, ia juga tak memiliki biaya cukup. “Akhirnya saya memilih melanjutkan pendidikan sebisanya lalu wirausaha. Saya memang ingin kuliah, sama seperti beberapa teman punya kesempatan melanjutkan studi,” ucapnya.