Almond Cake Krim Duo

By nova.id, Sabtu, 5 Desember 2009 | 23:10 WIB
Almond Cake Krim Duo (nova.id)

Bahan Sponge Cake:5 btr telur utuh5 kuning telur150 gr gula100 gr tepung terigu20 gr maizena110 gr mentega cairkan50 gr bubuk kacang almond1 sdt essens almond25 gr cokelat blok parut

Bahan Krim 1:200 gr krim kental100 gr cokelat dark compound1 sdm cokelat bubuk

Bahan Krim 2:200 gr krim kental100 gr cokelat putih1 sdt essens almond75 gr cokelat blok parut

Bahan Sirup Gula:50 gr gula pasir200 cc air hangat

Cara Membuat:1. Siapkan loyang berukuran 24x24 cm yang sudah dialasi kertas roti dan diolesi mentega tipis-tipis. Nyalakan oven dengan suhu 180 derajat Celsius.2. Untuk membuat sponge cake, kocok telur, kuning telur dan gula pasir hingga mengembang dan kental.3. Masukkan tepung dan maizena sedikit-sedikit sambil terus di aduk sampai rata.4. Masukkan mentega leleh, essens almond dan bubuk kacang almond dan aduk rata dengan menggunakan spatula. Masukkan ke dalam loyang. Taburkan parutan coklat.5. Panggang selama 25-30 menit atau hingga matang. Dinginkan.6. Setelah dingin, potong cake melintang menjadi dua bagian yang sama rata. Sisihkan.7. Untuk Krim 1, lelehkan cokelat dan cokelat bubuk di atas double boiler (bain marie). Dinginkan tidak sampai kaku. Kocok krim kental hingga kaku, rendahkan kecepatan mixer dan masukkan coklat leleh sambil tetap dikocok perlahan.8. Oleskan sirup gula di atas potongan sponge cake bagian bawah hingga rata. Oleskan Krim 1 rata di atasnya. Masukkan ke dalam freezer hingga mengeras.9. Untuk Krim 2, lelehkan cokelat putih di atas double boiler (bain marie). Dinginkan tapi tidak sampai kaku. Kocok krim dan essens almond sampai kaku. Rendahkan kecepatan mixer, masukkan cokelat putih leleh sambil tetap dikocok perlahan. Matikan mixer. Masukkan cokelat parut sambil diaduk dengan spatula.10. Oleskan krim 2 di atas krim 1 hingga rata, taruh potongan sponge cake kedua di atasnya. Tekan sedikit agar melekat. Masukkan kembali ke dalam freezer hingga mengeras.11. Potong dan buang bagian pinggir cake agar terlihat rapi.

Tips:Mengocok telur dan gula untuk sponge cake tidak dapat ditandai dengan waktu yang tepat karena tergantung dengan keadaan mixer, telur, dll. Tandai ketika warna telur yang menjadi putih dan agak kaku, tapi masih dapat mengalir ketika dituangkan.

Resep: MarioPenyusun: Nuraini WPenata Saji: T. Firta HapsariFoto: Ahmad Fadilah/ Nova