Warga Silaturahim ke Rumah Ibunda Jokowi

By nova.id, Senin, 28 Juli 2014 | 03:21 WIB
Warga Silaturahim ke Rumah Ibunda Jokowi (nova.id)

TabloidNova.com - Hanya berselang 30 menit usai Salat Ied, puluhan warga bersilaturahim ke rumah Sudjatmi, ibunda Jokowi. Satu persatu mereka menyalami Sudjatmi untuk saling memaafkan, diiringi canda penuh riang.

"Aku yo nuwun pangapuro yo, Le (Saya juga minta maaf ya, Nak)," ujar Sudjatmi dengan wajah sumringah kepada warga yang menjumpai dirinya.

Usai menyalami beberapa tamunya, Sudjatmi mengajak mereka untuk menikmati hidangan yang tersaji di atas meja. Di antaraya berupa kue kering dan buah-buahan. Setelah itu ia melangkah kembali ke luar rumah.

"Ini sudah tradisi sejak puluhan tahun di kampung ini," ujar Sudjatmi.

Senada dengan Sudjatmi, Aisyah, salah seorang warga, membenarkan bahwa bersilaturahim untuk menemui orang yang dianggap lebih tua sudah menjadi tradisi mereka.

"Beliau (Sudjatmi) sudah menjadi salah seorang sesepuh di sini, makanya kami sempatkan bersilaturahim. Jadi bukan karena beliau ibunda Jokowi. Bedanya dengan tahun kemarin, tadi kami bersalaman ibunda presiden terpilih. Tentu saja senang," ujar ibu anak ini dibarengi tawa teman-temannya.

Tumpak Sidabutar