Inilah Toko Buku Terindah di Dunia (3)

By nova.id, Kamis, 24 Juli 2014 | 08:51 WIB
Inilah Toko Buku Terindah di Dunia 3 (nova.id)

Inilah Toko Buku Terindah di Dunia 3 (nova.id)

"Toko buku Strand di New York (NY TIMES) "

Bagi penggemar sejati buku, toko buku diibaratkan sebagai nirwana yang menyimpan ratusan bahkan ribuan buku yang sangat indah. Meski keberadaannya semakin sedikit, tapi beberapa toko buku di penjuru dunia ini membuktikan, teknologi secanggih apapun tidak bisa menggantikan wujud buku yang sesungguhnya.

Berikut kami paparkan beberapa toko buku terindah di dunia yang rasanya harus dikunjungi oleh para penggemar buku:

Powell's City of Books (Portland, Oregon, Amerika Serikat)Kalau ingin mengulik isi toko buku ini, setidaknya seorang pengunjung harus menghabiskan waktu dua hingga tiga hari lamanya. Sebesar itulah toko buku ini berdiri sebagai salah satu landmark terbaik kota Portland. Uniknya, di toko buku ini, buku-buku bekas dan baru ditampilkan di sisi yang sama agar pengunjung bisa memilih harga yang cocok di kantung mereka. Beberapa nama penulis terkenal pernah mampir di toko ini untuk membubuhkan tandatangan mereka. Toko megah ini beralamat di 1005 W. Burnside St., Portland, Oregon, Amerika Serikat.

Books for Cooks (Melbourne, Australia)Ini adalah toko berusia ratusan tahun yang hanya menjual buku masak. Banyak tipe dan genre buku masak terdapat di toko ini. Dan koleksinya sangat banyak, bahkan tumpukan-tumpukan buku bisa mencapai langit-langit toko. Salah satu koleksi tertuanya berasal dari abad ke-18. Tercatat, toko ini memiliki 40.000 koleksi buku dan 30.000 buku di gudang mereka di 33 Gertrude St. Fitzroy, Melbourne, Australia.

Strand (New York, Amerika Serikat)Di era tahun 20-an, enam blok di kawasan Fourth Avenue di Manhattan dikenal dengan "Book Row", yang artinya deretan buku. Dari 48 toko buku yang dahulu berdiri di sana, kini hanya toko buku Strand yang bertahan. Sekarang toko ini berpindah ke 828 Broadway, New York, dan menyimpan lebih dari 2,5 juta eksemplar buku, baik bekas maupun baru, dan beberapa dari antara mereka tergolong buku langka yang sangat jarang ditemukan di belahan bumi manapun.

1200 Bookshop (Guangzhou, China)Meski baru berdiri beberapa pekan, tapi pamor toko ini sudah tersohor ke seluruh dunia. Bagimana tidak, toko ini tak hanya menjual buku, tapi juga memberikan penginapan gratis bagi para backpackers di sebuah kamar di atas toko. Dengan catatan, calon penghuni harus meng-email terlebih dahulu dan menjelaskan tujuan kunjungan mereka. Toko ini berlokasi di 27 East Tiyu ST, Tianhe District, Guangzhou, Guangdong, China.

Yetta AngelinaFOTO: NEW YORK TIMES