Cerita Selebriti dan Kebersamaan Keluarga, Dari Obrolan Hingga Aturan Di Meja Makan (1)

By nova.id, Senin, 9 Februari 2015 | 04:49 WIB
Cerita Selebriti dan Kebersamaan Keluarga Dari Obrolan Hingga Aturan Di Meja Makan 1 (nova.id)

Cerita Selebriti dan Kebersamaan Keluarga Dari Obrolan Hingga Aturan Di Meja Makan 1 (nova.id)
Cerita Selebriti dan Kebersamaan Keluarga Dari Obrolan Hingga Aturan Di Meja Makan 1 (nova.id)

"Foto: Wantek Siswanto / Dok NOVA "

KRISDAYANTI Larang Bawa Gadget

Sebagai seorang istri dan ibu dari 4 orang anak, Krisdayanti (39) begitu memperhatikan setiap momen kebersamaan dalam keluarga. Di tengah kesibukannya, penyanyi yang akrab disapa KD ini mengaku punya rutinitas wajib bersama sang suami, Raul Lemos, dan kedua buah hati mereka, Ariannha Amora Lemos (3) dan Kellen Alexander Lemos (2). "Rutinitas itu sering terjadi di pagi, siang, dan malam hari di meja makan. Meskipun saya sendiri enggak terlalu bisa masak, tapi saya selalu berusaha sebisa mungkin mencatat dan mengetahui menu apa saja yang Raul serta anak-anak suka," ungkapnya sambil tersenyum.

Sarapan pagi bersama keluarga di meja makan pun rupanya menjadi salah satu kebiasaan untuk keluarga kecil KD. Ia, suami, dan anak-anaknya selalu berkumpul untuk sarapan dan mengobrol sebelum melakukan aktivitas terkait pekerjaan maupun sekolah.

Menurut KD, sarapan favorit keluarganya adalah makanan serba rebus dan minum kopi, "Jadi anak-anak itu juga sudah tahu kalau mau berangkat sekolah pasti ke meja makan dulu dan minta disuapin kopi. Kalau untuk menunya sendiri, saya dan Raul punya kebiasaan masing-masing, Raul terbiasa dengan minum kopi dingin, sedangkan saya minum kopi panas. Kalau makanan rebusan itu biasanya singkong rebus atau talas rebus yang dicocol sama sambal, deh. Selain itu kami juga suka makan roti dari Timor. Intinya, kami menganggap 'sarapan itu emas'."

Maksudnya, lewat kebiasaan yang tampak kecil seperti itu KD justru merasakan kebahagiaan penuh arti dari momen bersama keluarganya di pagi hari. Terlebih mengingat kesibukan yang dijalani olehnya maupun sang suami. "Ini menjadi precious moment yang sangat berarti. Apalagi saat di meja makan, suami saya melarang kami semua membawa gadget ke meja makan. Ia juga tak mau dari kami ada yang membicarakan pekerjaan di meja makan. Pokoknya hal-hal yang kaitannya dengan keluarga kami saja. Makanya ini seperti momen yang sangat mahal bagi saya pribadi."

Rasanya tak berlebihan jika KD menganggapnya demikian. Ia justru merasakan banyak manfaat dari kedisiplinan tersebut. "Itu hal yang mendisiplikan kami juga karena tidak membawa ponsel ke meja makan. Banyak lo, pasangan yang tidak merasa dihargai lantaran seseorang lebih memilih melihat gadget daripada mata pasangannya saat ngobrol," ujarnya serius.

Lalu apa saja topik yang dibicarakan saat berkumnpul di meja makan? "Biasanya kami ngomongin makanan. Karena suamiku suka masak dan dia sangat mengerti masakan. Bahkan, soal belanja peralatan dapur saja dia mengerti. Pokoknya kami memang pantang makan di kamar, karena di meja makan bisa tercipta aktivitas yang sangat menyenangkan dan hangat. Dan, alhamdulillah anak-anak juga walaupun sudah punya jam makan sendiri, tapi setiap melihat kami orang tuanya makan, mereka tarik kursi dan duduk sama-sama kami lagi, sambil ngobrol juga di meja makan. Mereka tahu komunikasi itu bisa didapatkan juga di meja makan," tutur KD lagi.

Mona Ratuliu Beda Usia, Beda Obrolan

Bagi pesinetron Mona Ratuliu (33) waktu bersama keluarga menjadi hal yang utama di tengah kegiatannya. Momen tersebut harus disediakan secara khusus dan bukan hanya diselipkan dalam rutinitas. Misalnya, Mona bercerita saat ia tengah syuting sinetron, "Kalau ada calling-an syuting jam 12.00 siang, paginya aku tentu bersama keluarga. Menyiapkan segala kebutuhan anak-anak, main sama mereka. Terkadang, kalau mereka sudah pulang sekolah, nyusul untuk main ke lokasi syuting."

Sebagai ibu dari tiga anak, ia memang memilah betul tawaran pekerjaan yang datang padanya. "Menjadi MC, narasumber untuk talkshow, dan kegiatan lain aku pilih yang fleksibel waktunya agar bisa sama-sama keluarga," lanjut Mona.