Polda Metro Jaya Budayakan Tertib Lalu Lintas

By nova.id, Senin, 19 Mei 2014 | 11:45 WIB
Polda Metro Jaya Budayakan Tertib Lalu Lintas (nova.id)

TabloidNova.com - Dalam Operasi Simpatik Jaya 2014 yang akan dilaksanakan mulai hari ini Senin (19/5) hingga Minggu (8/6) mendatang, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Restu Mulya Budiyanto menyatakan pihaknya akan mengedepankan pola preemtif dan preventif. Untuk itu, operasi akan lebih bersifat humanis dengan mengutamakan imbauan dan teguran.

"Preemtif 40 persen, dan preventif 40 persen. Sisanya 20 persen upaya represif apabila pelanggaran bersifat membahayakan," ungkapnya, Senin (19/5).

Penindakan represif akan dilakukan terhadap pengendara yang melakukan pelanggaran yang dianggap membahayakan keselamatan pengendara itu sendiri maupun orang lain. Sasaran operasi kali ini adalah segala jenis kendaraan bermotor seperti motor, mobil pribadi, angkutan umum, dan angkutan barang. Sementara razia dilakukan di sejumlah titik di Jakarta dan sekitarnya yang dinilai rawan pelanggaran lalu lintas.

Operasi ini menyasar semua jenis pelanggaran lalu lintas, seperti melawan arus, tidak mengenakan helm bagi pemotor, menerobos jalur busway, menghentikan, dan menurunkan penumpang tidak pada tempatnya, serta jenis pelanggaran lainnya.

"Kita juga melibatkan instansi terkait seperti Dinas Perhubungan DKI," tukasnya.

Edwin Yusman