Setiap Hari 65 Orang Tewas Akibat Kecelakaan Lalu Lintas

By nova.id, Senin, 19 Mei 2014 | 10:49 WIB
Setiap Hari 65 Orang Tewas Akibat Kecelakaan Lalu Lintas (nova.id)

TabloidNova.com - Saat menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Simpatik Jaya 2014, Senin (19/5) pagi, Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol. Sudjarno membeberkan data bahwa setiap hari 65 orang meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas di Indonesia.

Untuk itu pihaknya akan melakukan langkah tegas untuk menurunkan angka tersebut dengan berbagai cara. Tak hanya menindak para pelanggar peraturan tapi juga membangun kesadaran berlalu lintas masyarakat, terutama pengendara sepeda motor.

Ditambahkan Wakapolda, penertiban ini bukan hanya untuk kendaraan pribadi namun juga angkutan umum. Bahkan, ke depannya polisi akan melakukan tindakan represif jika pelanggarannya berpotensi menimbulkan kecelakaan.

 "Sebanyak 2200 personel kita limpahkan, termasuk di polres-polres untuk operasi simpatik ini," tukasnya.Terkait balap liar yang kerap terjadi, Wakapolda juga akan segera melakukan penanganan. "Sebenarnya sudah rutin dilakukan setiap hari, ada patroli secara besar baik dari Brimob maupun dari Shabara. Misalnya di jalan Asia Afrika, Kemayoran, dan di banyak tempat lainnya," ungkap Sudjarno.

"Yang sedang diintensifkan saat ini adalah menertibkan orang-orang yang berpacaran di fly over. Bekerjasama dengan Pemda, fly over akan ditertibkan agar mereka tidak berpacaran disitu. Karena berbagai kejadian kriminalitas terjadi disitu," paparnya.

Edwin Yusman