Jumlah Pengungsi Kelud 76 Ribu Jiwa

By nova.id, Jumat, 14 Februari 2014 | 11:19 WIB
Jumlah Pengungsi Kelud 76 Ribu Jiwa (nova.id)

Jumlah Pengungsi Kelud 76 Ribu Jiwa (nova.id)

""

Setelah dilakukan verifikasi data korban dan perkembangan jumlah pengungsi di sekitar Gunung Kelud, Jumat (14/2) petang, korban tewas berkembang menjadi 3 orang. Selain itu, masih ada 76.388 jiwa yang terpaksa mengungsi dari erupsi.

"Adanya nama korban dan usia,   berbeda dengan release sebelumnya karena adanya informasi  yang berbeda-beda," ungkap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

Perbedaan ini disebabkan saksi-saksi yang memberi keterangan atau tetangga korban berbeda satu dengan lainnya.Kini, dapat dipastikan,  ketiga korban tewas adalah:

1) Mbok Nya (60, P) warga Dusun Plumbang, Desa Pandansari, Kec Ngantang, Kab Malang karena sesak nafas akibat abu vulkanik.

2) Sahiri (70, L) warga Dusun Ngutut, Desa Pandasari, Kec Ngantang, Kab Malang karena tertimpa tembok saat menunggu kendaraan evakuasi.

3) Sanusi (80, L) warga Dusun Plumbang, Desa Pandansari, Kec Ngantang, Kab Malang karena sesak nafas saat berlindung di bawah meja.Ketiga korban tinggal di desa yang berada di radius 7 km dari puncak kawah G. Kelud. Tebal abu di lokasi korban 20 cm. Saat ini masih ada evakuasi sebagian warga yang masih di radius 10 km.

Saat ini pengungsi juga banyak yang sudah kembali khususnya yang di Kabupaten Blitar.  Sehingga tercatat saat ini ada 76.388 jiwa pengungsi dari 5 kabupaten dan kota. Diantaranya,

- 66.139 jiwa dari Kab Kediri

- 3.220 jiwa dari Kota Batu

- 2.070 jiwa dari Kab Blitar

- 3.610 jiwa dari Kab Malang

- 1.349 jiwa dari Kab Tulungagung.