Modal Katalog, Upik Meraih Sukses

By nova.id, Selasa, 29 Oktober 2013 | 23:50 WIB
Modal Katalog Upik Meraih Sukses (nova.id)

Modal Katalog Upik Meraih Sukses (nova.id)

"Foto: Laili "

Menjadi seorang manajer, dulu hanya sebuah impian. Tapi kini Upik Herawati (39) sudah mewujudkan. Bukan hanya jabatan, sederet harta berharga pun diperolehnya. dari sepeda motor,  mobil,  hingga sebuah rumah cantik untuk keluarganya.

Ya. Upik kini boleh berbangga menjadi manajer di sebuah usaha direct selling produk alat-alat rumah tangga, Tupperware dari cabang distributor Pasar Minggu. Padahal jika menengok ke belakang, Upik tak pernah membayangkan dirinya menjadi wirausahawati seperti sekarang.

Dari Pengguna Hingga Penjual

Jika ditanya bagaimana usaha Upik bermula, sebenarnya kesuksesan dirinya tak sekonyong-konyong diraih. Upik mengawali semua dari pemakai produk yang kini dijualnya.

"Sudah lama sekali pakai Tupperware, waktu itu saya memang menyukainya karena praktis dipakai," ungkap Upik kepada tabloidnova.com.

Lama kelamaan, Upik tergiur untuk bisa mendapatkan produk Tupperware dengan harga diskon. Mulailah Upik mencari informasi dengan menghubungi nomor yang ada di katalog produk.

"Waktu itu saya punya katalog milik distributor yang di Pasar Minggu," ujar Upik.

Saat berbicara dengan seorang manajer penjualan, Anita, di sanalah Upik mulai tertarik bergabung menjadi konsultan produk perangkat rumah tangga tersebut.Mimpi Lulusan SLTA Yang Pemalu

Satu hal yang menjadi kendala dirasakan Upik ketika bergabung menjadi reseller Tupperware sekitar 4 tahun lalu, dirinya merasa minder karena hanya lulusan SLTA dan pemalu.

"Saya ini pada dasarnya pemalu. Kalau ketemu orang juga pemalu. Tapi justru dari situ saya banyak belajar," ungkap Upik.

Selain pemalu, Upik yang mengaku hanya mantan karyawan administrasi perusahaan kimia, tak cukup percaya diri dengan latar belakang pendidikan yang hanya tamatan SLTA.

"Saya tidak berpikir ingin memiliki jenjang karir. Hanya ingin aktivitas penuh. Dan saya lihat, kok, disana banyak orang baik tua maupun muda. Ya, saya cari tahu kenapa Tupperware punya daya tarik yang besar," ujarnya.