Abadi karena Makanan

By nova.id, Senin, 11 Juli 2011 | 03:03 WIB
Abadi karena Makanan (nova.id)

Abadi karena Makanan (nova.id)

"Foto: Agus Dwianto "

Banyak makanan favorit yang dinamakan sesuai dengan nama penciptanya atau apa yang menjadi sumber inspirasi saat pembuatannya.

Nellie Melba 

Helen Porter Mitchell atau Nellie Melba adalah penyanyi tenar opera di masanya. Saat ia menginap di Hotel Savoy di London tahun 1897, Auguste Escoffier, seorang Chef kenamaan, menciptakan Melba Toast, roti panggang yang diiris sangat tipis dan biasanya disajikan bersama sup.

Suzanne Reichenberg 

Crêpes Suzette, pancake tipis yang disirami liquor jeruk diciptakan oleh Chef kenamaan Perancis Auguste Escoffier. Sajian ini didedikasikan untuk aktris tenar sekaligus bangsawan Perancis Suzanne Reichenberg (1853-1924).

James H Salisbury

The Salisbury Steak merupakan kreasi James Salisbury sebagai terapi atas penyakitnya. Ia yakin daging sapi yang dimasak sampai matang sempurna dan disantap tiga kali sehari akan membantu penyembuhannya. Selama perang dunia berlangsung, banyak warga Amerika yang mengajukan petisi agar hamburger direvisi namanya menjadi Salisbury Steak. Toh, upaya tersebut sama sekali tak membuahkan hasil.

Lemuel Benedict

Sosialita Lemuel Benedict kembali ke hotel The Waldorf-Astoria dan meminta hidangan pemulih tenaga setelah ia mabuk semalaman. Permintaannya roti panggang, telur rebus, bacon bersaus Holland. Menu yang datang ternyata muffin khas Inggris sebagai pengganti roti panggang dan ham sebagai pengganti bacon. Sejak itulah nama Egg Benedict muncul dan dianggap mampu "mengobati" kelelahan usai begadang.

Robert Cobb

Robert Cobb adalah pemilik Brown Derby yang terkenal di kawasan Hollywood. Suatu malam, ia membuat Cobb Salad dan disajikan keesokannya saat ia kedatangan tamu kehormatan Sir Grauman. Di antara menu lain, ia membuat salad persis seperti malam sebelumnya. Grauman suka, dan Cobb akhirnya menambahkan resep ini ke menu restonya.

Maria Smith