Ivan Fadilla '' Semua Bukti Tanpa Rekayasa ''

By nova.id, Sabtu, 31 Agustus 2013 | 17:53 WIB
Ivan Fadilla Semua Bukti Tanpa Rekayasa (nova.id)

Ivan Fadilla Semua Bukti Tanpa Rekayasa (nova.id)

"Foto: Daniel Supriyono/NOVA "

Konflik rumah tangga Ivan Fadilla dan Venna Melinda masih terus memanas. Memasuki tahap pembeberan bukti di persidangan, Ivan mengejutkan banyak pihak dengan memaparkan bukti baru yang disebut-sebut sebagai perselingkuhan yang pernah dilakukan Venna. "Apa yang saya sampaikan selalu sesuai dengan fakta dan kenyataan tanpa ada yang saya buat-buat," tegas Ivan yang buka suara tentang kondisi terkini rumah tangganya.

Bagaimana sekarang hidup sendiri tanpa istri dan hanya bersama anak-anak?

Yang jelas, untuk saya hal ini merupakan suatu cobaan yang berat. Ya, dengan adanya masalah ini yang biasanya kami berempat, sekarang harus menjalaninya bertiga saja. Tentu ada hal yang timpang dan hilang dalam kehidupan kami. Tapi lagi-lagi saya berusaha untuk tegar dan mencoba tidak memberikan dampak yang begitu besar kepada kedua anak saya.

Yang jelas bagi saya, kehadiran anak-anak sangat mendukung. Tidak ada harta lain yang bisa menggantikan mereka dan saya selalu tanamkan ke mereka nilai-nilai syukur yang harus dipahami. Kalau selama ini diberi nikmat Allah dan dicabut satu, pasti rasanya enggak enak. Tapi bagaimanapun kami harus tetap mensyukuri apa yang ada sekarang.

Pernah lelah menghadapi rentetan masalah rumah tangga yang tak kunjung usai?

Jujur, ya, saya sangat lelah sekali karena semua ini sangat menyita waktu, tenaga, dan pikiran. Saya hanya berharap semua bisa segera berakhir dengan baik-baik saja. Sekarang saya hanya berusaha untuk ikhlas. Saling memaafkan pasti, tapi, kan, terkadang hati kecil masih berat. Jadi, ya, sekarang saya hanya berusaha ikhlas.

Omong-omong, bisa jelaskan soal bukti perselingkuhan terbaru yang dipaparkan di persidangan lalu?

Namanya persidangan, kan, memang semua yang disampaikan harus berdasarkan fakta, dan fakta itu menurut kami harus disertai dengan bukti. Bukti-bukti itu juga yang akan menguatkan atas apa yang disampaikan oleh pihak saya, memang benar adanya dan itu sebenarnya maksud dari pihak kami menyerahkan bukti-bukti ke dalam persidangan.

Dan lagi, bukti-bukti itu bukan untuk menjadi konsumsi publik melainkan hanya untuk kepentingan majelis hakim dalam mengambil keputusan. Jadi kalau semua itu sampai terbuka, saya enggak tahu maksudnya apa, karena saya sendiri enggak pernah mau membukanya ke publik.

Benarkah bukti itu berisi tentang perselingkuhan Venna?

Sejak awal justru pihak media yang selalu menginformasikan seperti itu. Mungkin juga karena memiliki tim investigasi yang cukup baik, tapi yang jelas saya sejak awal kasus ini bergulir tak pernah menyebutkan soal perselingkuhan siapa dengan siapa. Dari beberapa media yang mendapatkan info seperti itu dan konfirmasi ke saya, pasti saya selalu jawab saya enggak tahu dan saya enggak berani komentar seperti itu.

Tapi soal bukti-bukti yang saya serahkan disebut-sebut sebagai salah satu bukti perselingkuhan, jujur saya enggak mau bicara karena di bulan Ramadan seperti ini saya juga enggak mau membicarakan orang lain atau menyudutkan orang. Pokoknya, yang pasti bukti itu menguatkan dalil-dalil yang secara tertulis disampaikan kuasa hukum saya.