NOVA.id – Jelang Ramadhan, kita akan dimanjakan beragam program menarik dari pusat berbelanjaan di sekitar kita.
Salah satunya, oleh operator mall terbesar di Indonesia, Lippo Malls Indonesia.
Lippo Malls Indonesia mengambil tema ‘Pesona Ramadhan’ untuk menyambut Ramadhan 2018.
Tema tersebut diambil karena mal yang dikelola oleh PT Lippo Karawaci Tbk Indonesiaini memiliki 68 mal yang tersebar di 35 kota besar di Indonesia mulai Jakarta sampai Kendari, Binjai, bahkan Kupang, masing-masing daerah tentunya memiliki tradisi yangberbeda dalam menyambut Ramadhan.
(Baca juga: Patut Dicoba, Begini Cara Tingkatkan Kualitas Asmara dengan Pasangan)
Melalui program Pesona Ramadhan ini, Lippo Malls berupaya menampilkan keberagaman budaya di berbagai wilayah di Indonesia.
Contohnya, Masjid Agung Tuban yang berada di Tuban, Jawa Timur, karena masjid ini didirikan pada abad ke-15 oleh Bupati Tuban pertama yang memeluk agama Islam.
Selain itu, ada Masjid Cheng Ho yang memiliki gaya arsitektur khas perpaduan antara masjid dan klenteng yang didominasi warna merah, hijau, dan kuning.
Nama masjid ini diambil dari Laksamana Cheng Ho, seorang tokoh angkatan laut Tiongkok yang beragama Islam dan melakukan perdagangan ke Indonesia.
(Baca juga: Ini Solusi Mencegah Perselingkuhan Berdasarkan 3 Jenis Hubungan)
Atrium mal akan menjadi pusat dari semua kegiatan Ramadhan ini, seperti acara Ngabuburit di mana akan ada pertunjukan Rampak Bedug, Tari Saman, juga Gambus, Nasyid, dan Marhaban, hiburan musik yang mengalunkan lagu-lagu pujian untuk menyambut datangnya Ramadhan.
Ada pula Majelis Lucu Indonesia, Beauty & Hijab Parade, Chickadee Kids Club, Sound of Ramadhan by Voice of Indonesia, Tari Sufi (tarian berputar-putar yang sangat filosofis), Ramadhan Zakat Expo, dan penampilan dari sejumlah artis Indonesia di beberapa mall di wilayah Jakarta.
Lippo Malls juga akan mengadakan berbagai kompetisi bertema religi, seperti Kompetisi Marawis, Kompetisi Kids Religi Fashion, Kompetisi Hadroh, Lomba Tahfidz Quran, Lomba Adzan, Lomba Wajah Muslimah, Kompetisi Hijab Cantik, Lomba Hijab Anak, dan Lomba Juz’ama.
(Baca juga: Hindari 5 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Pengantin Baru Ini Agar Rumah Tangga Tetap Harmonis)
Peragaan busana koleksi busana Lebaran akan turut memeriahkan bazaar Ramadhan.
Bazaar in iakan menggelar berbagai koleksi fashion dari tenant di Lippo Malls, juga bazaar makanan Indonesia dan bazaar takjil untuk pengunjung yang berniat berbuka puasa bersama keluarga di mall.
Jika ingin mengabadikan momen bersama keluarga dan teman-teman, beberapa mal juga menyediakan selfie corner yang bisa dimanfaatkan.
(Baca juga: Ketahui Lebih Lanjut Destinasi Pilihan Tanah Air Lewat Pameran Ini)
Untuk pengunjung yang ingin berbelanja kebutuhan Ramadhan dan Lebaran, Lippo Malls mengadakan sejumlah program diskon.
Beberapa mall akan menggelar Late Night Sale, luckydraw, dan program belanja berhadiah, dengan nilai pembelanjaan tertentu yang berkisar dari Rp250.000 hingga Rp 500.000 bisa mendapatkan hadiah berupa merchandise menarik, lucky dip, ataupun Ovo Point.
Sebagai bentuk kepedulian dan melengkapi kegiatan di bulann Ramadhan sebagai bulan yang penuh berkah, Lippo Malls juga mengadakan acara berbuka puasa bersama anak yatim piatu dan kaum dhuafa di setiap mal yang berada di bawah manajemen Lippo Malls.
(Baca juga: Tips Fashion dari Soraya Larasati untuk Sambut Bulan Ramadhan)
Darwin A. Roni selaku Deputy Operations Director Lippo Malls Indonesia, “Melalui tema ini Lippo Malls memang ingin menampilkan keberagaman dalam keseragaman. "
Sebab pada dasarnya, Indonesia memiliki keberagaman budaya yang membuat negeri ini menjadi begitu kaya, tambahnya.
“Pemilihan Pesona Ramadhan juga didasari keinginan Lippo Malls untuk melestarikan budaya Indonesia, dengan mengajak para pengunjung untuk menikmati kembali tradisi Ramadhan yang sudah dilakukan sejak dulu di berbagai daerah di Indonesia. Karena kebudayaan Indonesia itu sangat kaya, dan kami ingin orang Indonesia khususnya generasi muda kembali melakukan tradisi-tradisi yang saat ini mulai dilupakan. Jadi, kami sekaligus berniat mempromosikankembali budaya tanah air kita,” tambahnya.
(Baca juga: Duh, Hasil Makeup Seperti Topeng? Ini Tips Memilih Foundation)
Nidia N. Ichsan, Corporate Public Relations Manager Lippo Malls Indonesia menambahkan, “Ramadhan merupakan event tahunan yang diselenggarakan serentak di 68 mall kami. ”
“Perubahan lifestyle yang terjadi di masyakat yang cukup dinamis, menjadikan fungsi pusatperbelanjaan bukan hanya sebagai tempat belanja. Pusat perbelanjaan saat ini telah bertranformasi menjadi pusat aktifitas dari masyarakat dimana pusat perbelanjaan juga telah menjadi rumah ketiga di mana sebagian masyarakat menghabiskan lebih banyak waktu di pusat perbelanjaan selain di rumah dan kantor,” tambah Nidia.(*)