Cara Mudah Memilih Asuransi Kendaraan

By nova.id, Sabtu, 29 Agustus 2015 | 09:28 WIB
Pilah-pilih Asuransi Kendaraan (Foto: Istock) (nova.id)

Maraknya penawaran produk asuransi kendaraan roda empat terkadang membuat konsumen bingung. Ada beberapa pertimbangan dan hal yang harus diperhatikan pemilik mobil ketika ia memilih asuransi mobil yang tepat. Salah satunya adalah memilih perusahaan asuransi yang tak hanya memberikan perlindungan tetapi juga memudahkan konsumen saat menggunakan jasa pelayanannya.

Kondisi jalanan yang kian tak bersahabat dan memiliki risiko tinggi terhadap kendaraaan bermotor membuat asuransi menjadi solusi. Terutama bagi pengguna jalan di kota besar, asuransi berperan sangat penting untuk menekan risiko. Terlebih, kendaraan yang diharapkan menjadikan mobilitas dan aktivitas terbantu.

Memang, sebagian pengguna kendaraan bermotor, khususnya kendaraan roda empat, masih berpendapat bahwa memilih dan menggunakan asuransi kendaraan bermotor bukanlah hal yang utama. “Yang penting pakainya hati-hati,” begitu alasan mereka. Padahal sebenarnya, lewat asuransilah maka keamanan dan kenyamanan berkendara itu bisa didapatkan.

Menurut L. Iwan Pranoto, Communication & Event PT Asuransi Astra Buana, asuransi memang bukan investasi tetapi perlindungan terhadap kendaraan bermotor milik para pengguna yang menjadi barang investasi mereka. “Kini risiko pengendara bermotor semakin tinggi. Apalagi, jumlah pengguna kendaraan bermotor terus meningkat tiap tahun dan jalanan juga semakin macet. Nah, untuk mengantisipasi kejadian yang tidak menyenangkan serta kendaraan bermasalah yang ujungnya akan menghambat mobilitas dan aktivitas, maka kesadaran para pengendara untuk memilih asuransi sebagai solusi perlu terus ditingkatkan,” jelasnya.

Ditambahkan oleh Iwan, alokasi dana asuransi kendaraan bermotor sebenarnya wajib direncanakan oleh setiap pemilik dan pengendara mobil. “Sama halnya dengan plot biaya pendidikan anak, mengalokasikan dana untuk asuransi mobil itu juga penting bagi keluarga yang mengandalkan mobil sebagai alat transportasi dalam berbagai aktivitas,” jawabnya.

Selain itu, Iwan juga mengungkapkan bahwa asuransi harus dilihat dengan kacamata yang lebih luas dari sekedar pengalihan risiko. “Memang benar dengan berasuransi mobil maka mobil yang rusak dapat diperbaiki dengan biaya minim. Artinya akan ada pihak yang akan menanggung biaya perbaikannya. Dengan berasuransi pula beban finansial tentu akan terkurangi. Jadi asuransi mobil sudah bukan lagi perhitungan untung dan rugi tetapi kepedulian akan pentingnya keamanan dan keselamatan diri, keluarga dan pengguna jalan lainnya,” tegasnya.

Kenali dan Pelajari

Iwan menegaskan bahwa sebaiknya setiap pemilik kendaraan mobil memahami pentingnya memiliki asuransi. Selain itu, sarannya, pemilik mobil juga sebaiknya memerhatikan beberapa hal sebelum memutuskan memilih asuransi.

“Pada dasarnya berasuransi itu tidak ada yang merugikan. Kuncinya terletak pada kepedulian terhadap perlindungan mobil yang maksimal. Sederhananya, ada harga ada rupa. Harga sebuah produk asuransi bisa jadi lebih miring dibandingkan asuransi lainnya tetapi sudah dipastikan gigit jari dengan kualitasnya. Oleh karena itu, demi keuntungan dan kepuasan, pemilik mobil harus teliti sebelum membeli,” ungkapnya.

Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum memutuskan memilih asuransi mobil yang tepat. Yang pertama, ada bermacam-macam asuransi kendaraan bermotor, jadi hendaknya dikenali lebih jauh, termasuk mempelajari produk yang ditawarkan beserta perlindungan yang diberikan.

Ada beberapa tipe perlindungan yang biasanya ditawarkan antara lain TLO (Total Loss Only) yang hanya menjamin risiko kehilangan kendaraan, komprehensif, serta perluasan jaminan. Lanjut Iwan, perlindungan komprehensif juga harus dipelajari lebih jauh, apakah bisa menanggung semua risiko atau berapa persen risiko kerusakan yang diganti. “Sementara perluasan jaminan adalah pelayanan lebih yang bisa didapatkan nasabah.”

Yang kedua, pemilik mobil harus mempertimbangkan dan memilih perusahaan asuransi yang memiliki rekam jejak yang bagus. Mulai dari kredibilitas, pelayanan hingga akses yang akan diberikan kepada konsumen. Selain kemudahan proses saat mendaftarkan asuransi, harus dicek juga bagaimana proses saat klaim. “Kemudian, sejauh mana pelayanan yang diberikan, apakah bisa 24 jam, ada layanan contact center, kemudahan saat klaim dan seberapa luas jaringannya. Sebaiknya semua dipelajari, pemilik mobil juga harus banyak bertanya,” jelas Iwan.