Penuhi Kebutuhan Nutrisi Untuk Usia 30 Tahun ke Atas

By nova.id, Selasa, 5 Januari 2016 | 03:00 WIB
Penuhi Kebutuhan Nutrisi Untuk Usia 30 Tahun ke Atas (nova.id)

Pertambahan usia juga ditandai dengan kebutuhan nutrisi yang ikut berubah dan berkembang. Seiring berjalannya waktu, beberapa jenis vitamin seperti B12 sangat diperlukan.

Menurut Helen Rasmussen, PhD, seorang registered dietitian di Human Nutrition Research Center on Aging di Tufts University, Boston, rekomendasi ini perlu ditujukan pada berbagai tahap kehidupan. Ia juga mengatakan perubahan tersebut mungkin aman dilakukan ketika usia 30-an.

Berikut 6 cara penuhi kebutuhan nutrisi untuk usia 30 tahun ke atas:

Mencari vitamin B12 Vitamin B12 sering diabaikan oleh banyak orang. Vitamin ini diperlukan untuk membuat sel darah dan meningkatkan kognisi. Vitamin B12 masuk ke dalam tubuh bersama dengan protein hewani seperti telur dan daging.

Baca: 6 Nutrisi Penting yang Tepat untuk Anda yang Sibuk

Makan lebih banyak pisang Tekanan darah cenderung naik seiring bertambahnya usia. Untuk mengatasi hal itu dan meminimalkan risiko stroke dan jantung, kita perlu mencari zat nantrium dan kalium.Untuk mengisi kebutuhan kalium, kita bisa memilih buah-buahan dan sayuran. Pisang selalu menjadi pilihan terbaik untuk kebutuhan tersebut. Selain itu brokoli dan kentang panggang yang diserta kulitnya, juga bisa kita jadikan milihan yang tepat.

Makanan dengan bumbu rempah-rempah Dengan bertambahnya usia, fungsi indera pengecap kita menjadi menurun. Sehingga menyebabkan beberapa makanan terasa kurang “pop” di mulut. Cobalah mencari jenis rasa baru dari sautu makanan. Selain itu, hindarailah masak terlalu matang agar makanan tidak kehilangan rasanya.

Baca: Tips Masak Sayur yang Tepat Agar Nutrisinya Terjaga

Meminum lebih banyak air Beberapa obat seperti antihistamin (obat penangkal khasiat histamin) dan tekanan darah, dapat membuat kita lebih rentan terhadap dehidrasi. Pada kenyataannya, dehidrasi merupakan salah satu alasan utama, orang yang telah meginjak usia pertengahan berakhir di rumah sakit.

The Institute of Medicine merekomendasikan, wanita perlu meminum sekitar 2,2 liter atau 9 cangkir perhari. Untuk pria disarankan meminum tiga liter atau 13 cangkir perhari. Kita juga perlu membatasi kopi, teh, dan alkohol. Kafein dan alkohol merupakan diuretik (kondisi atau penyebab naiknya laju urinasi) yang dapat meningkatkan risiko dehidrasi.

Baca: Jelang Musim Hujan, Penuhi 3 Nutrisi Penting Kesehatan Tubuh

Konsumsi lebih banyak kalsium Kita dapat mencari kalsium dari produk susu dan makanan lainnya. Orang dewasa perlu mendapatkan 1.000 miligram dalam sehari. Tapi kebutuhan itu akan naik menjadi 1.200, bagi wanita yang lebih dari 50 tahun dan pria yang lebih dari 70 tahun.