5 Foto Anak yang Harusnya Tak Anda Unggah di Media Sosial

By , Selasa, 5 Januari 2016 | 11:03 WIB
Ternyata ada risiko memberi bedak pada vagina bayi. (Nova)

Saat media sosial menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari, terkadang tanpa sadar kita memberikan terlalu banyak informasi yang bisa saja disalahgunakan oleh orang tak bertanggung jawab.

Nah, coba ingat-ingat. Apakah selama ini Anda selalu memikirkan risikonya, ketika hendak mengunggah foto anak di media sosial? Ingat, tak semua hal bisa dibagi di internet.

Kami mengerti bahwa berbagi cerita, foto, hingga video tentang aktivitas anak di media sosial memang sangat menggoda. Betapa lucunya ia saat belajar berjalan, bagaimana menggemaskannya buah hati saat sudah bisa mengucap “Mama”, pertama kali ia masuk sekolah, atau saat-saat penting dan menggemaskan lainnya.

BACA: Menyiasati Beban Menjadi Ibu di Era Media Sosial

Namanya orangtua, pasti bangga dan bahagia ketika melihat buah hati semakin pandai. Namun sekali lagi, ingat bahwa media sosial sejatinya adalah tempat yang berpotensi membahayakan, bila kita tak membuat aturan sendiri saat berinteraksi di dalamnya.

Mengingat melindungi anak adalah tugas kita sebagai orangtua, maka mari mulai mengerem beberapa hal di media sosial yang bisa membahayakan anak kita. Termasuk, menyeleksi foto anak yang diunggah ke media sosial.

Ini dia lima foto anak yang sebaiknya tidak diunggah ke media sosial seperti dilansir PopSugar.

1. Foto anak bersama anak-anak lain

Kita tak tahu bagaimana batasan orantua lain kala mengunggah foto anaknya di media sosial. Maka secara etika, sebaiknya tak sembarang mengunggah foto anak yang sedang bermain dengan anak lain, kecuali Anda sudah meminta izin pada orangtua sang anak.

2. Jangan Beri Tahu Alamat Sekolahnya

Meski kita telah menitipkan anak pada guru di sekolah, tetap saja sekolah anak berada di luar zona aman sang anak. Sang guru pun tak bisa setiap detik memperhatikannya, bukan? Jadi hindari memberi tahu lokasi dan jadwal sekolah anak. Jangan sampai Anda membeberkan di media sosial di mana sekolah anak, apa saja jadwal hariannya, hingga jam masuk dan keluar sekolah.

Anda boleh, kok, memotretnya saat di kelas atau bermain di halaman sekolah. Tapi, sebaiknya foto dia tanpa menyertakan hal-hal yang identik dengan lokasi sekolah tersebut.