5 Modal Sukses Sebagai Wanita Karier

By nova.id, Senin, 25 Januari 2016 | 04:12 WIB
Mencari pekerjaan yang sesuai karakter? Cari tahu lewat kuis ini. (nova.id)

Sukses sebagai wanita karier mungkin menjadi salah satu resolusi Anda di tahun ini. Tips ini akan membantu Anda mewujudkannya, terlebih di tengah kompetisi era Masyarakat Ekonomi ASEAN.

1. Kenali Potensi Diri

Langkah awal untuk pengembangan diri dan sukses sebagai wanita karier adalah selfie, alias memotret diri sendiri. Bukan buat narsis, lo ya. Ini semacam self-assessment untuk mengidentifikasi aspek mana yang perlu dikembangkan atau diperbaiki.

Dari situ kita bisa membuat perencanaan untuk melakukan program pengembangan. Misal, Anda merasa mengalami hambatan dalam berkomunikasi dan berbicara di depan orang banyak. Padahal Anda bekerja di bidang yang membutuhkan kemampuan persuasi. Dari situ Anda bisa membuat rencana meningkatkan keterampilan berkomunikasi dengan mengikuti pelatihan public speaking.

Sebaliknya, Anda mungkin memiliki bakat atau keterampilan tertentu namun potensi itu tidak atau belum tersalurkan dengan baik. Contohnya, Anda punya bakat menulis. Tapi berhenti melakukannya karena merasa keterampilan itu tidak dibutuhkan dalam pekerjaan. Jangan sia-siakan potensi itu. Anda bisa terus mengasah keterampilan menulis di blog pribadi atau website perusahaan.

Dari situ Anda bisa membuat diri Anda terlihat. Ketika perusahaan membutuhkan seseorang untuk mengisi posisi tertentu yang membutuhkan keterampilan menulis, Anda pasti akan dimasukkan ke dalam daftar.

BACA: Bila Teman Jadi Atasan, Ingat 6 Hal Ini Agar Tak Canggung dan Tetap Profesional

2. Career Capital

Cal Newport, penulis buku So Good They Can’t Ignore You menggunakan istilah career capital yang diperlukan seseorang untuk sukses di dunia kerja. Career capital adalah keterampilan yang dimiliki seseorang, yang jarang serta bernilai dan bisa membantu mendongkrak karier. Logikanya sederhana, sesuai teori ekonomi supply and demand. Bila Anda menginginkan sukses sebagai wanita karier, Anda harus memiliki sesuatu yang hebat untuk ditawarkan.

Modal apa yang perlu dimiliki? Supaya fokus pada pengembangan karier, Anda bisa berkonsentrasi pada bidang pekerjaan yang tengah ditekuni. Perbarui pengetahuan mengenai apa yang sedang tren, keterampilan apa saja yang bisa meningkatkan nilai jual di bidang yang Anda geluti.

Bisa dengan browsing di internet, mencermati iklan-iklan lowongan kerja, berita media massa, forum diskusi komunitas profesi, seminar dunia kerja dan sumber-sumber lainnya. Misalnya di bidang marketing, pemahaman mengenai media digital dan media sosial sangat diperlukan saat ini. Seorang digital marketer sedang banyak dicari saat ini. Pelajari hingga Anda betul-betul menguasainya dan buatlah ini menjadi senjata Anda untuk memenangkan persaingan di dunia kerja.

Apalagi, memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), dunia kerja akan lebih kompetitif karena nantinya Indonesia bisa menerima tenaga kerja dari ASEAN, begitu pun sebaliknya, kita bisa bekerja di luar Indonesia.