Tips Mudah Menggulung Roll Cake Agar Tidak Pecah dan Berantakan

By nova.id, Minggu, 30 April 2017 | 23:30 WIB
Tips Mudah Menggulung Roll Cake Agar Tidak Pecah dan Berantakan (nova.id)

Sajian secangkir teh hangat atau kopi panas di sore hari takkan lengkap rasanya tanpa hidangan camilan manis seperti kue atau biskuit. Salah satu jenis kue basah yang seringkali menemani santap pagi atau sore hari ialah roll cake.

Lezatnya roll cake yang dibuat dari mentega, telur, gula dan tepung jelas dan bahan lainnya jelas mampu menggoda selera Anda. Apalagi, variasi topping atau hiasan roll cake semakin variatif. Siapapun dijamin pasti menyukainya.

Selain enak, roll cake juga termasuk jenis kue yang cukup mudah untuk dibuat. Tantangan terbesar membuat roll cake ialah bagaimana cara menggulung roll cake agar tidak pecah dan berantakan. Sebab, banyak orang mengeluhkan tahapan tips menggulung roll cake yang dianggap merupakan bagiam tersulit.

Keluhan utama ialah hasil gulungan roll cake yang tidak simetris, terlalu besar atau bahkan pecah karena terlalu kencang saat menggulungnya.

Penyebab roll cake pecah sebenarnya bisa dipicu beberapa hal. Mulai dari komposisi bahan adonan yang tidak sesuai takaran, proses pemanggangan yang terlalu lama atau terlalu sebentar sehingga menjadi lembek, serta ketebalan adonan yang tidak tepat.

Agar berbagai kondisi di atas tidak terjadi, berikut tips mudah menggulung roll cake agar tidak pecah dan berantakan:

Baca: 10 Tips Sukses Memanggang Cake

Pertama Alasi bagian bawah dan atas cake dengan kertas roti. Letakkan alas kue di atasnya lalu balik. Kemudian, oleskan cake dengan selai sesuai selera hingga merata. Selanjutnya, gulung satu bagian sisi cake ke depan. Lalu padatkan dengan alat khusus berbentuk pipih tegak. Terakhir, buka kertas roti dan potong-potong menjadi bagian sesuai selera.

Kedua Usahakan untuk menggulung kue ini saat kue masih agak panas. Kue yang masih panas akan lebih elastis sehingga mudah dibentuk. Selain itu, menggulung kue saat masih panas akan menjaga kue tetap tergulung kuat saat sudah dingin, sekalipun sudah diisi dengan selai.

Baca:  Tips Sukses Membuat Kue Kering

Ketiga Jangan lupa gulung kue mulai dari bagian yang terdekat dengan Anda. Gunakan kertas roti ini sebagai panduan menggulung. Beri tekanan sedikit saat menggulung agar terlihat jejaknya. Kemudian diamkan sampai kue agak dingin.

Keempat Kunci gulungan kue dengan memuntir bagian ujung kertas roti. Simpan dalam lemari es sampai roll cake benar-benar tergulung sempurna.

Semoga tips menggulung roll cake agar tidak pecah dan berantakan di atas bermanfaat untuk Anda.

Dini Felicitas/KompasFemale