7 Gejala Awal Kanker di Tubuh, Deteksi Sejak Dini!

By nova.id, Kamis, 13 April 2017 | 15:08 WIB
Fakta: Tidak Semua Pasien Cocok dengan Terapi Kanker yang Mahal (nova.id)

Kanker dianggap sebagai salah satu penyakit yang menakutkan. Pasalnya, hingga kini kanker belum diketahui penyebabnya dengan jelas. Pengobatan dan perawatan yang menghabiskan biaya sangat besar, sering kali menimbulkan stres pada pasien dan keluarganya. Selain itu, gejala awal kanker pun sering muncul tanpa disadari.

Menurut Dr Paulus W. Halim, praktisi radiaestesi medik dan pengobatan integratif, sel kanker sebenarnya terdapat pada tubuh setiap orang. Namun, tidak pada semua manusua, sel kanker aktif dan berkembang menjadi penyakit yang menakutkan.

BACA: 5 Stadium Kanker Payudara yang Wajib Diketahui

"Gen di dalam tubuh kita bermutasi. Tetapi mutasi itu dapat diatasi bila sistem kekebalan tubuh bekerja dengan benar. Karena, kunci menghadapi kanker adalah imunitas tubuh,” ungkapnya dalam acara Gunnebo Indonesia Adakan Edukasi Penanganan Integratif terhadap Kanker beberapa waktu lalu di WTC, Jakarta.

Dr. Paulus mengatakan, ada empat faktor risiko penyakit kanker, yaitu:

1. Faktor genetik

2. Faktor lingkungan atau karsinogen seperti radiasi, cemaran zat kimia, virus, hormon, dan sebagainya.

3. Faktor gaya hidup seperti merokok, kelebihan lemak, makanan berpengawet, minuman beralkohol, dan lainnya.

4. Stres.

Meski begitu, banyak penderita kanker yang tak menyadari dirinya terserang kanker. Gejala awal kanker pun lebih sering tak disadari.

BACA: 4 Gejala Kanker Tulang yang Sulit Dideteksi

“Biasanya ada kondisi pra-sakit, di mana tubuh merasa kelelahan. Sayangnya ini sering dianggap sepele, dan dikira sebagai tak enak badan biasa,” ujarnya.