Ringan Sampai Mengkhawatirkan, Waspadai 5 Gejala Kanker Paru-paru Ini

By nova.id, Jumat, 13 Mei 2016 | 10:00 WIB
Ringan Sampai Mengkhawatirkan, Waspadai 5 Gejala Kanker Paru-paru Ini (nova.id)

Anda pasti sudah tahu bahwa perokok bukan hanya satu-satunya pasien yang bisa mengidap kanker paru-paru saja. Sayangnya, penyakit kanker paru-paru sering terdeteksi ketika sudah stadium lanjut. Dan kebanyakan pasien penderita kanker paru-paru tidak menyadarinya dan menganggap 5 gejala kanker paru-paru sebagai hal sepele.

Namun, sebenarnya 5 gejala kanker paru-paru bisa dideteksi sejak dini untuk meningkatkan peluang kesembuhan pasiennya.

Nah, bagaimana caranya kita mengetahui 5 gejala kanker paru-paru tersebut?

Baca: 6 Makanan Pencegah Risiko Kanker Paru-paru di Usia Muda

Batuk hingga mengeluarkan darah Menurut Raja Flores, MD, profesor thoracic surgery di Icahn School of Medicine, New York City, batuk berdarah merupakan pertanda buru. Oleh karena itu, segeralah pergi ke ahli medis untuk memeriksanya.

Menurut Raja, meskipun kanker tidak selalu ditandai dengan batuk berdarah, tapi akan lebih baik bila kita memeriksanya untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya.

Nyeri dada Jangan pernah sepelekan sakit yang tak kunjung hilang pada bagian dada, punggung, atau bahu. Apalagi bila hal itu disertai nyeri ketika tertawa, batuk, atau bernapas.

Diutarakan Raja, bila tumor terletak pada bagian dada, alhasil itu akan menyebabkan nyeri pada bagian dada kita. Hal serupa juga terjadi bila tumor terletak pada bagian punggung.

Baca: Penderita Kanker Paru-paru Termuda Karena Polusi Udara

Batuk terus-menerus Batuk memang bisa disebabkan oleh sesuatu yang sederhana, seperti alergi. Tapi jika batuk itu tak kunjung pergi, bisa jadi hal itu menandai sesuatu yang lebih serisu. Seperti kanker paru-paru. “Kanker pada bagian pernapasan dapat mengiritasi tenggorokan dan membuat batuk,” ujar Raja.

Sesak napas Jika tiba-tiba kita terengah-engah setelah menaiki tangga, atau beroalahraga santai seperti berjalan, itu bisa menjadi tanda dari gejala kanker paru-paru.Hal itu disebabkan tumor yang memblokir tenggorokan, atau akumulasi cairan di dalam dada yang mengganggu paru-paru hingga menyebabkan kurangnya udara.

Baca: Budi Anduk Meninggal Akibat Kanker Paru-paru Stadium Empat

Merasa lelah Jika kelelahan karena segudang aktivitas memang wajar. Tapi rasa lelah yang timbul bersamaan dengan aktivitas yang minim, itulah yang tidak wajar. Hal itu bisa menjadi tanda dari penyakit kanker.

Menurut Raja, hal itu memang bukan tanda khusus dari kanker paru-paru. Tapi kondisi tersebut menandakan ada sesuatu yang tidak beres pada tubuh kita. Selain itu menurut American Cancer Society, kehilangan berat badan dan nafsu makan juga bisa menjadi tanda dari kanker paru-paru.

Ilham Pradipta Mulya/intisari-online.com Sumber: RD