8 Langkah Menjaga Mulut Tetap Segar dan Sehat Selama Puasa

By nova.id, Senin, 6 Juni 2016 | 03:35 WIB
Merawat kesehatan rongga mulut (nova.id)

Di bulan puasa, bau mulut menjadi salah satu masalah yang harus dihindari. Namun, menjaga kesehatan gigi dan mulut bukan semata untuk menghilangkan bau tak sedap, lho. Meskipun terkesan sederhana, menjaga kesehatan mulut ternyata bisa menghindari kita dari penyakit-penyakit berat. Bagaimana caranya?

Ibarat sebuah jembatan, mulut dan gigi adalah penghubung berbagai hal -utamanya makanan dan minuman- yang dimasukkan ke dalam tubuh. Tentu menjadi penting untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan “jembatan” tersebut. 

Kesehatan mulut yang buruk membuat kita berisiko terkena aneka penyakit, mulai dari bau mulut, sariawan, gusi berdarah, kerusakan gigi, bahkan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.  

Ini dia langkah sederhana agar kesehatan dan kebersihan mulut senantiasa terjaga.

1.    Rutin menggosok gigi dengan benar.

Gosok gigi minimal dua kali sehari setelah makan pagi dan sebelum tidur, agar kesegaran dan kesehatan mulut dan gigi terjaga. Lakukan gerakan menyikat yang benar, yaitu menjangkau ke seluruh permukaan gigi dengan arah dari gusi ke gigi. 

Pilih pasta gigi dengan kandungan yang aman. Pilih juga sikat gigi yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya ukurannya dan bulu sikatnya yang lembut, lalu gantilah per 3 bulan. Pastikan juga sikat gigi bersih sebelum digunakan, maka hindari menaruhnya sembarangan, misalnya di dekat toilet.

2.    Jangan lupa menyikat lidah.

Jangan hanya memperhatikan kebersihan gigi, tapi juga sikatlah lidah secara teratur. Lidah berfungsi sebagai pengecap yang sangat sensitif dan menjadi bagian yang banyak terpapar makanan. Sudah pasti lidah seringkali kotor dan harus dibersihkan.

3.    Batasi konsumsi kopi dan teh.

Kopi dan teh jika dikonsumsi berlebihan tak hanya berbahaya bagi lambung, namun juga bisa merusak kesehatan gigi dan mulut. 

4.    Konsumsi sayur dan buah.