Rajin Konsumsi Makanan Berserat Turunkan Risiko Stroke dan Serangan Jantung

By Noverita, Sabtu, 6 Agustus 2016 | 02:45 WIB
Sudah Tahu Sayuran Paling Bergizi yang Perlu Anda Coba (Noverita)

Apa yang Anda makan itulah yang menentukan kesehatan Anda dalam jangka panjang. Makanan berserat yang kaya khasiat selama ini hanya dihubungkan dengan kesehatan saluran cerna. Padahal, kecukupan serat bisa membantu mencegah kegemukan juga, lo.

Bahkan, sebuah survei membuktikan, "Wanita seharusnya mengonsumi 25 gram serat setiap hari, tapi kebanyakan hanya makan 15 gram saja," ujar Keri Gans, ahli gizi sekaligus penulis buku The Small Change Diet di New York.

Mengingat manfaatnya, makanan mengandung serat tidak hanya diperlukan oleh orang dewasa saja, melainkan juga anak-anak. Jadi akan sangat tepat mengonsumsi makanan tinggi serat yang membuat kesehatan tetap stabil.

Baca: Peran Makanan Mengandung Serat Untuk Tumbuh Kembang Anak

Makanan tersebut misalnya sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang dapat mencegah sembelit dan menawarkan banyak manfaat kesehatan lainnya. Berikut di antaranya: 

1. Cepat Kenyang

Banyak penelitian menyatakan diet tinggi serat baik untuk menurunkan berat badan karena membuat Anda merasa kenyang. Selain itu menjaga tingkat energi dalam kondisi stabil.

Baca: 6 Makanan yang Membuat Kenyang Lebih Lama 2. BAB Lancar

Mengonsumsi makanan tinggi serat cenderung menjaga BAB lebih lancar dan dapat mencegah wasir. 3. Usus Sehat

Diet tinggi serat baik untuk kesehatan usus dan mengurangi peradangan. 4. Kurangi Risiko Penyakit

Banyak penelitian mengklaim mengonsumsi makanan tinggi serat dapat secara drastis mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Baca: Waspadai 3 Tanda Tubuh Kekurangan Serat 5. Gula Darah Stabil