Bau Mulut, Salah Satu dari 5 Tanda Tubuh Kekurangan Karbohidrat

By Noverita, Senin, 22 Agustus 2016 | 07:23 WIB
Rahasia Mulut Selalu Harum Meski Sedang Puasa (Noverita)

Tubuh manusia membutuhkan berbagai nutrisi seperti vitamin, mineral, lemak bahkan karbohidrat agar berfungsi secara normal dan tetap sehat. Jika tubuh tidak menerima nutrisi yang cukup maka dapat mengakibatkan komplikasi kesehatan.

Karbohidrat adalah salah satu nutrisi paling penting yang membantu menjaga tingkat energi dan juga menjaga sistem saraf pusat yang sehat dan aktif. Sumber makanan utama karbohidrat diperoleh dari kacang-kacangan, jagung, kentang, roti gandum, pasta, nasi dan banyak lagi.

Namun, bagi sebagian orang karbohidrat juga dianggap momok yang harus dihindari agar tak kegemukan. Mengurangi kalori, adalah tujuan mereka memangkas atau sama sekali tak mencantumkan karbohidrat dalam menu makan.

Baca: Waspadai 3 Tanda Tubuh Kekurangan Serat

Padahal, amat penting menambahkan karbohidrat dalam pola makan sehari-hari agar tubuh tetap sehat. Seperti yang dilansir dari BOLDSKY, berikut tanda-tanda dalam tubuh yang terjadi saat Anda kekurangan karbohidrat:

1. Mudah Lelah

Karbohidrat adalah salah satu sumber utama energi. Jadi jika tidak mengonsumsi cukup karbohidrat merasakan lelah sepanjang hari. Tak jarang Anda juga jadi begitu bernafsu mengonsumsi pasta atau roti karena kurangnya asupan yang mengenyangkan.

2. Pelupa

Seperti karbohidrat yang diperlukan untuk fungsi otak, kekurangan karbohidrat dapat menyebabkan kurangnya konsentrasi dan memori berkurang. Sama seperti tubuh, otak juga membutuhkan karbohidrat, yang dipecah menjadi glukosa untuk energi. Dan ketika  otak tak mendapatkan glukosa yang dibutuhkan, sulit bagi otak untuk bekerja dengan maksimal.

3. Jaringan Otot Melemah

Orang-orang diet rendah karbohidrat bakal kehilangan jaringan otot karena karbohidrat tidak memadai. Mereka yang banyak bergerak juga menjadi lemas karena tubuh akan menggunakan protein (bukan karbohidrat) untuk menjalankan fungsi otot yang dibutuhkan.

Baca: Yuk, Santap 6 Jenis Karbohidrat yang Berdampak Baik untuk Anda!