Sebelum ke Dokter, Coba Atasi Demam dengan 6 Cara Gampang Berikut

By Noverita, Sabtu, 27 Agustus 2016 | 10:29 WIB
Kenali penyebab umum timbulnya demam (Noverita)

Demam merupakan bagian dari proses kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi akibat virus, bakteri atau parasit.

Selain itu, demam juga bisa terjadi ketika seseorang terlalu lama berada di bawah sinar matahari atau karena penyakit seperti hipertiroidisme dan artritis.

Umumnya, demam ringan akan datang dan pergi dalam 1 hingga 2 hari meski tanpa konsumsi obat penurun panas. Seperti yang dikutip dari BOLDSKY, berikut cara yang bisa dilakukan dengan sederhana jika Anda atau anggota keluarga mengalami demam ringan: 1. Kaus Kaki Dingin

Masukkan kaus kaki dalam air dingin dan memakainya. Lalu, setelah 10 menit buka dan celupkan lagi ke air dan memakainya. Metode ini akan menyerap dan membantu sebagian panas di tubuh.

Baca: Pertolongan Pertama Bila Bayi Demam 2. Banyak Air Putih

Minum air penting untuk tubuh dan mendinginkan tubuh. 3. Kompres

Ketika tubuh terasa panas, coba lakukan kompres dingin. Atau celupkan handuk dalam air dingin dan tempelkan selama beberapa menit di wajah dan leher. 4. Bahan Alami

Beberapa ramuan herbal baik dalam menurunkan demam. Seperti thyme, oregano, jahe dan merica memiliki sifat obat.

Baca: 10 Tanya Jawab Seputar Demam 5. Sup Hangat

Sup dapat membantu di saat-saat demam karena di dalamnya terkandung nutrisi. 6. Makanan Bergizi

Beberapa nutrisi dari buah-buahan dan sayuran dapat meningkatkan imunitas. Misalnya, vitamin C meningkatkan kekebalan tubuh. Jeruk, semangka dan nanas adalah yang terbaik. Namun, jika sudah lebih dari 2 hari pengobatan di rumah tidak memecahkan masalah, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.