Sang Ibu Lupa Mematikan Api Tungku, Tiga Balita Tewas Terbakar

By nova.id, Selasa, 30 Agustus 2016 | 09:32 WIB
Ana Istianingsih (bertudung hitam) meratapi ketiga jenazah putranya yang tewas terbakar di dalam rumahnya (nova.id)

Kebakaran di Desa Suwaluh, Balongbendo, Sidoarjo, Senin (29/8/2016) siang, diduga berasal dari api tungku yang dibiarkan menyala.

"Kami sudah memeriksa pusat api di area dapur yang diduga berasal dari tungku," ujar Kapolres Sidoarjo, AKBP Anwar Nasir, saat meninjau TKP, Selasa (30/8/2016).

Anwar memastikan penyebab yang menghanguskan rumah Ana Istianingsih (35) dan Imam Muslimin (40) tetap harus menunggu peneylidikan tim Pusat Laboratorium Forensik Polda Jatim.

Tak hanya rumah Ana dan Imam yang hangus bersisa arang, tapi ketiga balita mereka meninggal terbakar. M Faris (5), Abdan Syukro (3) dan Abdul Rohman (2) sudah dimakamkan satu liang kemarin.

Saat kejadian Ana memasak air lalu memutuskan pergi keluar rumah untuk salat Zuhur di masjid. Sudah kebiasaan Ana mengunci pintu dari luar sementara ketiga putranya tertidur.

Anwar masih menyelidiki lebih kebakaran yang menimpa rumah semipermanen itu.

Baca juga: Astaga, Perempuan Ini Aniaya Keponakannya Hingga Tewas

Api yang membakar rumah pertama kali diketahui Irfan, tetangga korban. Ia baru saja menidurkan anaknya yang juga teman sepermainan ketiga anak Ana.

"Tahu-tahu saya cium asap. Ternyata asalnya dari rumah Mba Ana," beber Irfan.

Seketika api mulai membesar Irfan berteriak meminta bantuan tetangga yang lain. Dari dalam kamar depan rumah yang terbakar terdengar teriakan anak kecil. Ia langsung teringat ketiga anak Ana.

"Saya coba masuk, tapi pintu terkunci sementara api makin membesar," sambung dia.

Irfan tak kehabisan akal, ia langsung mengambil bambu untuk mendobrak pintu rumah. Hal tak terduga muncul, motor di dalam rumah meledak dan membuatnya terpental.