Kolaborasi Batik dengan Denim dan Wol Gaya Modern ala Amaragita di FolkNVogue

By , Selasa, 13 September 2016 | 05:15 WIB
Kolaborasi Batik dengan Denim dan Wol Nuansa Modern ala Amaragita di FolkNVogue (Nova)

Semakin banyaknya insan mode muda Indonesia yang mengusung batik sebagai inspirasi rancangan merupakan hal yang menggembirakan sekaligus membanggakan. Sebab, melalui tangan kreatif mereka, batik yang menjadi warisan kekayaan nusantara hadir dalam berbagai bentuk karya yang memikat.

Adapun diantaranya seperti yang ditampilkan label Amaragita dalam perhelatan mode FolkNVogue pada Sabtu, 10 September 2016 di Jakarta Convention Center kemarin.

Faramita Dewi, sosok yang berada di belakang label Amaragita menghadirkan kolaborasi batik dengan denim serta wol bernuansa modern di panggung mode FolkNVogue.

Baca: Kenduri, Uniknya Busana Batik Siap Pakai Dari Edward Hutabarat yang Eklektik

Homecoming menjadi tema yang ia usung sebagai penanda kepulangannya di tanah air setelah menyelesaikan studinya di negeri paman Sam.

Boleh jadi, pengalamannya di Amerika Serikat yang berperan besar dalam menuangkan ide untuk merancang busana siap pakai yang memadukan batik dengan staple fabric dunia barat seperti denim dan wol.

Dilihat sekilas, keseluruhan koleksinya sudah cukup selaras dengan benang merah yang coba ia tampilkan. Siluet busana serba minimalis modern bergaya high-tailored cut cukup terlihat di sana-sini.

Baca: Pesona Motif Busana Perempuan Cina ala Dana Duryatna di FolkNVogue

Anda akan melihat beragam koleksi yang memamerkan konstruksi tegas dari jaket dan coat, sebut saja bagian kerah dan lengan serta bagian kancingnya.

Sentuhan budaya barat yang kekiniaan diadopsi Faramita dari inspirasi seputar teknologi robotic. Beberapa potong koleksi diberi imbuhan yang kental akan nuansa pop-art dengan seni grafis yang menonjolkan bahwa koleksinya memang diperuntukkan untuk pasar modern yang menyukai kesan edgy.

Baca: Lebih Mencintai Batik Lewat Batik Fashion Week

Sayangnya, ada beberapa busana yang sepertinya kurang apik dalam hal ‘styling’nya. Sebut saja, sepotong busana two pieces seperti atasan cropped tanpa lengan celana ¾ model stretch yang sporty dengan paduan outer panjang yang begitu feminin.

Meski begitu, karya desainer muda ini tetap cukup baik untuk dinikmati.

Foto-foto: Agus Dwianto/TabloidNOVA