Salah Besar Anggap Makanan Jatuh 'Belum 5 Detik' Tetap Aman Dikonsumsi

By Noverita, Senin, 17 Oktober 2016 | 06:30 WIB
Makanan jatuh ke lantai meski 'belum 5 detik' tidak aman dikonsumsi karena langsung terkontaminasi bakteri (Noverita)

Ketika ada makanan jatuh ke lantai tak jarang ada orang yang memungutnya buru-buru sambil berujar 'belum lima detik' ke diri sendiri maupun orang lain di sekitarnya.

Hm, pasti familiar, kan, dengan kejadian seperti tadi. Ditambah lagi adanya persepsi dari iklan yang tampil di layar kaca, makanan yang jatuh di lantai bersih asal tak lebih dari waktu 5 detik masih tetap aman untuk dikonsumsi.

Tapi, benarkah demikian?

Sebab nyatanya mengambil makanan yang sudah jatuh ke lantai dan memasukkan kembali ke mulut hanya menimbulkan dampak buruk bagi tubuh.

Bahkan, dalam sebuah penelitian tahun 2003, beberapa jenis makanan yang jatuh di lantai akan terinfeksi kuman E. Coli, dan terkontaminasi dalam waktu kurang dari lima detik. Bayangkan apa dampaknya bagi tubuh jika kuman tersebut menyebar dalam waktu yang amat singkat!

Baca: Jangan Anggap Sepele, Sehelai Rambut yang Jatuh ke Makanan Mengandung 50.000 Bakteri

Seperti yang dilansir dari BOLDSKY dalam studi lain yang dilakukan tahun 2016 di Universitas Rutgers, para peneliti menjatuhkan makanan seperti semangka, roti tawar, dan permen pada berbagai lantai seperti ubin keramik dan karpet.

Empat periode yang berbeda dipilih, kurang dari 1 detik, 5 detik, 30 detik, dan 5 menit.

Dari semua makanan yang dijatuhkan di lantai tersebut, buah semangka adalah yang paling terkontaminasi karena sifatnya yang lembap. Sementara permen juga paling terpengaruh.

Sedangkan makanan yang dijatuhkan di atas karpet rupanya paling rendah terkena bakteri. Kesimpulan penelitian menunjukkan, ternyata sifat makanan yang jatuh dan bentuk permukaan lantai atau karpet dapat memengaruhi seberapa besar makanan bisa terkontaminasi kuman.

Baca: Sebelum atau Sesudah Makan, Kapan Waktu Terbaik Minum Multivitamin?

Sayangnya, yang masih sering terjadi banyak orang mengambil kembali makanan yang jatuh entah karena tak ingin mubazir atau karena melihat permukaan yang tampaknya bersih. 

Padahal, makanan tersebut tentu sudah terkontaminasi bakteri yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Perlu diingat, bakteri tersebut juga tak mudah mati.

Malah berakibat fatal meski jumlah bakterinya hanya sedikit, misal 0,1 persen di lantai, hal itu sudah dapat membuat seseorang sakit. Pasalnya, bakteri seperti E. coli sangat berbahaya dan menyebabkan infeksi bahkan dapat berakibat fatal bagi orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Maka Sahabat NOVA, mulai sekarang jangan pernah membiasakan anggapan 'belum 5 menit' ya jika melihat ada makanan jatuh dan reflek ingin mengambilnya. Pertimbangkan baik-baik demi kesehatan Anda dan keluarga dan akan lebih baik jika makanan yang sudah jatuh tersebut segera dibuang.